Download PDF Version

Sosialisasi Beasiswa Goldsmith Departement, University of London Di ISI Denpasar, Peluang Bagi Dosen untuk Mengembangkan Diri

Untuk Lebih meningkatkan kompetensi para staf pendidik ISI Denpasar di gedung Lata Mahosadhi Pusat Dokumentasi ISI Denpasar dilangsungkan sosialisasi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Tepatnya dari Goldsmith Departement, University of London, Inggris. Ini merupakan salah satu universitas yang ternama di Inggris yang telah berdiri sejak tahun 1843. Sosialisasi dipaparkan oleh Mr. Erik Manning (MBA) head of Student Recruitment and International Office Goldsmith Departement University of London, yang pada kesempatan ini didampingi oleh Ms. Fifi dari DIKTI. Sosialisasi Ini dihadiri oleh Pembantu Rektor, Dekan, Pembantu Dekan dan seluruh dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain. Sosialisasi dipandu oleh PR IV I Wayan Suweca, SS.Kar, M.Mus dan Pj. Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA sebagai narasumber dan juga penerjemah.

Pada intinya Sosialisasi tersebut menerangkan berbagai keunggulan yang Dimiliki oleh Goldsmith Departemen dibidang Seni Rupa, Desain dan hal-hal yang berhubungan tentang kebudayaan seperti cultural Studies, dan menawarkan para dosen untuk melanjutkan studinya baik S2 mapun S3 di sana. Kunjungan sosialisasi ini merupakan program untuk merekrut mahasiswa khususnya mahasiswa asing untuk belajar di Goldsmith Dept. Di Indonesia Mr. Erik telah mengunjungi Surabaya, Jogja, Bandung dan Jakarta. Dipilihnya ISI Denpasar menurutnya karena ISI Denpasar memiliki potensi yang besar didalam pengembangan industri kreatif khususnya di bidang Seni dan budaya, dan diharapkan para dosen dapat berkuliah di London. Beliau juga menawarkan beberapa kerjasama beasiswa agar para dosen dapat kuliah tanpa memikirkan biaya. Hal ini juga dikuatkan oleh Pj Rektor ISI Denpasar, dimana peluang untuk studi lanjut ke luar negeri sekarang begitu terbuka, apalagi program dari DIKTI terutama di bidang pembiayaan sangat begitu besar untuk kegiatan ini. Jadi PJ. Rektor mendorong Para dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain dan Fakultas Seni Pertunjukan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri khususnya di Goldsmith ini. Melalui sosialisasi ini imbuhnya diharapkan menambah networking ISI Denpasar sehingga ke depannya dapat diwujudkan kerjasama di bidang pendidikan seperti pertukaran dosen, mahasiswa, kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan dalam pendidikan seni.

Para dosen sangat antusias mendengarkan sosialisasi dan terlihat sangat interest untuk melanjutkan studi kesana, namun faktor bahasa yang menjadi kendala hampir sebagian besar dari dosen di dalam melanjutkan studi ke luar negeri. Dijelaskan oleh Ibu Fifi bahwa hal tersebut tidak menjadi suatu masalah dikarenakan dari DIKTI telah dipersiapkan suatu program pelatihan bahasa Inggris khusus untuk dosen yang akan melanjutkan studi ke luar negeri, dengan catatan setelah mendaftar dan lolos fortofolionya di Universitas luar negeri. Tentu hal ini salah satu cara untuk mewujudkan Visi ISI Denpasar untuk go international.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Untuk Memberikan komentar gunakan Fasilitas Forum > Berita. Fasilitas ini dapat diakses melalui alamat: http://forum.isi-dps.ac.id

Share