Pewayangan Pada Desain Undangan

Nov 12, 2016 | Artikel

Kiriman : Yulia Ardiani (Staff UPT. Teknologi Informasi Dan Komunikasi ISI Denpasar)

Abstrak

Sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan disebut dengan seni. Seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Bentuk seni ada berbagai macam, ada seni yang dapat dinikmati melalui pendengaran atau audio art, ada seni yang dinikmati dengan media penglihatan (visual art) dan ada seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art). Seni pertunjukan merupakan termasuk seni yang dinikmati melalui pendengaran dan penglihatan. Seni pertunjukan ada berbagai macam jenis, ada yang berupa tari – tarian, dan pewayangan. Seni tari – tarian dapat dinikmati pertunjukannya dan dapat mendengar kan lantunan suara gambelan atau musik pengiringnya. Sedangkan seni pewayangan juga dapat dilihat pertunjukannya dengan layar dan diiringi dengan suara wayang tersebut.

Seni pertunjukan yang salah satunya adalah seni pewayangan adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang di pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini populer pada jamannya, pertunjukan seni pewayangan dewasa ini mulai dilupakan oleh kalangan generasi muda. Beberapa melestarikannya dengan cara membuat desain –  desain yang berkaitan dengan pewayangan, salah satunya ada desain undangan pernikahan yang diukir sedemikian rupa yang mengikuti wayang gunung.

Kata Kunci : Seni, Pewayangan, Undangan, Wayang Gunung

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...