Video Mapping Dalam Seni Rupa Pertunjukan: Gerhana Bulan Merah

Dec 31, 2015 | Artikel

Kiriman : Ketut Hery Budiyana (Staff FSRD ISI Denpasar)

Video mapping adalah sebuah teknik baru yang merik dalam perkembangan visual. Metode video mapping menggunakan teknik pencahayaan dan proyeksi dari alat berupa LCD yang mampu menciptakan ilusi optis pada objek. Pada kolaborasi garapan penciptaan antara seni pertunjukan dan seni rupa melahirkan sebuah karya cipta seni rupa pertunjukkan berjudul Gerhana Bulan Merah. Garapan ini dipentaskan saat even Bali Mandara Mahalango. Dalam penciptaan ini menggabungkan antara tari, karawitan, seni instalasi, tata cahaya dan seni digital lewat video mapping.

Sesuai konsep karya, yaitu Gerhana Bulan Merah, maka video mapping ini memproyeksikan cahaya pada bidang screen berbentuk lingkaran besar yang dipasang sebagai background panggung. Manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi menggunakan beberapa visual, diantaranya visual angkasa, bintang, cahaya, dan naga bergerak. Mewujudkan karya ini diawali dengan survey lokasi mapping, mengukur ketepatan cayaha yang dihasilkan, dan proses menghasilkan visualnya.

Kata kunci: video mapping, seni rupa pertunjukkan, gerhana bulan merah

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...