Fungsi Instrumen Gamelan Dalam Karawitan (Jawa)

Sep 5, 2010 | Artikel, Berita

Oleh Saptono, Dosen PS Seni Karawitan

1. Ricikan/instrumen gamelan di dalam karawitan secara fungsional musikal digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu;

(a).  Kelompok ricikan balungan, yaitu; ricikan-ricikan yang lagu permainannya sangat dekat dengan kerangka gending (balungan gending). Ricikan/instrumen gamelan dalam kelompok ini, yaitu; saron demung, saron barung, saron penerus, slentem, dan bonang penembung.

(b).  Kelompok ricikan/instrumen garap, yaitu; ricikan-ricikan yang menggarap balungan gending, yang dengan cera menafsirkan yang kemudian menerjemahkan lewat vokabuler-vokabuler (konvensi) garapan. Rcikan/insrumen yang termasuk dalam kelompok tersebut, yaitu; rebab, kendang, gender, gender penerus, bonang, bonang oenerus, siter, suling, gambang, sinden, dan gerong.

(c).  Kelompok ricikan/instrumen struktural, yaiu;ricikan-ricikan yang membuat suatu jalinan permainan dengan membentuk setruktur berdasarkan (menentukan) bentuk gending. Ricikan/instrumen yang termasuk dalam kelompok tersebut, yaitu; kethuk, kempyang, engkuk, kenong, kempul, gong, kecer, kemanak, keplok alok, dan kendang.

Kelompok ricikan (a) disebut dengan balungan, karena lagu permainan kelompok ricikan tersebut dekat dengan lagu balungan gending terutama jika dibandingkan dengan pola permainan kelompok ricikan yang lain. Beberapa musikolog seperti, Kunst (1949:167), Mantle Hood (1954:3-9), Jodit Becker (1980:108-249), dalam (Supanggah, 1990:116), menganggap bahwa ricikan balunganlah yang memainkan balungan gending. Dalam kata lain, balungan gending adalah identik dengan lagu permainan saron atau penembung. Menurut Supanggah, hal ini sedikit berbeda dengan pendapat sarjana-sarjana Barat, bahwa para pengamat karawitan dalam negeri menyebut balungan atau catatan gending yang dapat tertulis pada buku-buku atau catatan-catatan gending yang ada pada saku pengrawit (bahwa balungan yang ditulis sebenarnya juga berbeda dengan melodi saron). Lebih lanjut Supanggah, bahwa catatan notasi balungan gending yang biasa ditabuh oleh ricikan balungan sebenarnya masih merupakan bahan mentah yang perlu pengolahan lebih lanjut; dengan kata lain perlu digarap oleh keseluruhan ricikan gamelan terutama ricikan garap.

Fungsi Instrumen Gamelan Dalam Karawitan selengkapnya

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...