Jokowi: Tak Hanya Sumber Daya Alam, Seni Budaya Ikut Perkaya Indonesia

Jokowi: Tak Hanya Sumber Daya Alam, Seni Budaya Ikut Perkaya Indonesia

Sumber : http://www.imq21.com/news/read/488230/20180623/145659/Jokowi-Tak-Hanya-Sumber-Daya-Alam-Seni-Budaya-Perkaya-Indonesia.html

IMQ, Denpasar —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa bukan hanya sumber daya alam, tetapi seni budaya juga turut memperkaya Indonesia.

"Dari sebanyak 17.000 pulau dari 34 provinsi yang ada di Tanah Air, ada sejumlah 714 suku dan budaya yang dapat menjadi sumber inspirasi dan kreativitas yang dapat membangun bangsa Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam kuliah umum di hadapan lebih dari 1.200 mahasiswa dan civitas akademika Institut Seni Indonesia (ISI) di kampus ISI Denpasar, Sabtu (23/6).

Jokowi menyampaikan negara yang cepat akan menguasai negara yang lambat, sehingga yang lambat akan tertinggal. 

Untuk itu dibutuhkan kreativitas dalam arena pembentukan yang melahirkan pemikiran dengan perubahan yang begitu cepat, yakni kekayaan seni budaya, ucap Kepala Negara. 

"Kekayaan kita bukan lagi sumber daya alam, tetapi seni budaya karena seni budaya merupakan DNA bangsa dan seni budaya juga merupakan modal dari pembangunan Indonesia," tegas Presiden.

Pembangunan infrastruktur, lanjutnya, merupakan masalah fisik, sementara kebudayaan adalah pembangunan mental. Untuk itu, sangat dibutuhkan strategi kebudayaan, kreativitas dan inovasi.

Sementara itu, Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar, Prof. Arya Sugiartha, mengakui pihaknya mendapatkan kehormatan bisa berhadapan langsung dengan Presiden Jokowi. 

Ia bercerita bahwa dalam sejarah kunjungan presiden ke kampus seni, baru dua kali terjadi, yakni pada masa Presiden Soekarno melakukan kunjungan ke Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta pada 1955 dan kunjangan Presiden Jokowi ke kampus ISI Denpasar tahun ini.

Arya mengharapkan adanya legitimasi yang kuat bahwa ilmu seni harus terus dibangun.

Dalam rangkaian acara tersebut, Presiden  Jokowi juga menyaksikan sejumlah kreativitas mahasiswa, melukis bersama, seni instalasi kriya, dan dilanjutkan berkunjung ke gedung dokumentasi dan kearsipan ISI Denpasar. 

Turut mendampingi Kepala Negara adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir dan para rektor dari seluruh perguruan tinggi seni di Indonesia, serta para rektor dari perguruan tinggi se-Bali.

Comments are closed.