KKN ISI Denpasar Jadi Favorit

KKN ISI Denpasar Jadi Favorit

Sumber : http://bali-travelnews.com/2017/08/02/kkn-isi-denpasar-jadi-favorit/

Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengimplementasikan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kali ini KKN dipusatkan di Kabupaten Karangasem dan diikuti sebanyak 427 mahasiswa dari 12 Program Studi (prodi). Acara pembukaan dan serah terima KKN ISI Denpasar 2017 dari Rektor ISI Denpasar kepada Bupati Karangasem, berlangsung di Wantilan Pura

Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengimplementasikan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kali ini KKN dipusatkan di Kabupaten Karangasem dan diikuti sebanyak 427 mahasiswa dari 12 Program Studi (prodi). Acara pembukaan dan serah terima KKN ISI Denpasar 2017 dari Rektor ISI Denpasar kepada Bupati Karangasem, berlangsung di Wantilan Pura Besakih, Rendang, Karangasem, Selasa (1/8).

Rektor ISI Prof. Dr I Gede Arya Sugiartha, S.Skar, M.Hum, ISI senantiasa menjadi rebutan dan tahun ini permintaan paling banyak dari Kabupaten Karangasem. KKN bertujuan untuk memberi layanan ilmu pengetahuan, meningkatkan kualitas tatanan masyarakat, yang diaplikasikan oleh para mahasiswa sesuai dengan keterampilan dan ilmu yang dimiliki. “ISI Denpasar focus KKN di satu kabupaten saja. “Tahun ini yang terbanyak permintaannya dari Kabupaten Karangasem, tahun lalu di Nusa Penida, Klungkung,” kata Prof. Arya bangga.

Mahasiswa seni tari, kerawitan, interior, desain visual, mampu diaplikasikan langsung dan bersinergi dengan  masyarakat, selama satu bulan penuh  ada dilokasi. Selain berinteraksi secara keilmuan, mahasiswa juga menjadi warga baru di desa-desa . Sebab, mereka menginap di rumah-rumah penduduk. “Dan yang terpenting, dengan pergi ke desa anak-anak kita akan mendapatkan sumber inspirasi Apalagi Karangasem sangat kaya akan seni budaya,” ucapnya.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumantri menyambut baik dan berterimakasih atas digelarnya KKN ISI tahun 2017 di  Karangasem. Adanya KKN ini diharapkan isa membantu kabupaten Karangasem dalam peningkatan pembangunan di bidang kebudayaan. Tak hanya itu,  juga melanjutkan kerjasama di masa mendatang dengan melakukan inovasi. “Kita ingin membuat karya seni  kolosal yang menceritakan Karangasem. Mudah-mudah ISI bisa membantu karya seni itu,” harap Bupati Mas Sumantri.

Sementara Ketua Panitia Ida Ayu Trisnawati, SST, M.Si mengatakan, jumlah mahasiswa yang akan melakukan program KKN tahun ini sebanyak 427 orang, meningkat dari tahun lalu. Peningkatan jumlah dikarenakan ada Prodi baru yaitu Prodi Sendratasik dan Desain Fashion. Sebelumnya, mahasiswa telah mengikuti pembekalan di kampus. KKN akan berlangsung 1 bulan penuh mulai 1 Agustus -1 September 2017. “Lokasinya ada ada di Kecamatan Rendang, Selat, Sidemen dan Manggis yang tersebar di 29 desa. Masing-masing desa ada 14 – 15  mahasiswa,” terangnya. (BTN/bud)

No Comments Yet.

Leave a comment