Laporan Koordinator Seminar Akademik Tahun 2011

Laporan Koordinator Seminar Akademik Tahun 2011

 

Laporan Koordinator Seminar Akademik rangkaian Dies Natalis VIII, Wisuda Sarjana IX  dan Pengenalan Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, 25 Juli 2011

Oleh: Drs. I Gusti Ngurah Seramasara, M.Hum

 

 

Bapak Rektor Yang Kami Hormati

Bapak Para Pembantu Rektor Yang Juga Kami Hormati

Bapak Dekan FSP  dan Ibu Dekan FSRD Yang Juga Kami Hormati

Bapak dan Ibu Para Pembantu Dekan dari Kedua Fakultas,  serta para

Ketua Prodi di Lingkungan ISI Denpasar yang  juga saya hormati

 

Om Swastiastu.

Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, maka kita bisa berkumpul diruangan ini untuk memperbincangkan pembangunan karakter bangsa yang kita butuhkan saat ini dalam kondisi bangsa yang sedang mengalami goncangan-goncangan baik politik, sosial maupun budaya.

Semua goncangan-goncangan yang terjadi di negara kita ini bermuara pada lemahnya karakter bangsa, oleh karena itu reformasi moral untuk menuju pada karakter bangsa yang utuh dan beradab perlu dimulai saat ini. Landasan cultural dan filosofis kebangsaan yang tertuang pada Pancasila dan UUD  45 harus dijadikan acuan dalam rangka membangun karakter bangsa.

Kemerosotan moral dan kelemahan karakteristik yang sedang dialami oleh bangsa ini mudah-mudahan,  tahap demi tahap bisa dibuka baik melalui evaluasi diri, introspeksi diri serta perbincangan-perbincangan melalui seminar atau dialog-dialog lainnya yang pada akhirnya karakteristik bangsa yang bermoral dan beradab bisa dibangun dalam menghadapi tantangan bangsa kedepan. Untuk kepentingan tersebut, seminar ini ingin menyumbangkan setitik pemikiran yang berpijak pada proses kreaktivitas dalam bidang seni seperti yang dikembangkan oleh ISI  Denpasar sebagai lembaga pendidikan kesenian, dengan “Melalui Proses Kreaktivitas kita Membangun Karakter Bangsa”.

Perlu kami laporkan bahwa:

Peserta seminar  yang kami undang adalah sebanyak 120 orang yang berasal dari seluruh prodi yang ada di ISI Denpasar. Sebagai Nara Sumber kami juga mengundang  Dr. I  Made Gede Arimbawa, M.Sn, I Kadek Suartaya, SSkar., M.Si dan I Made Wardana, seorang Alumni yang bekerja di Belgia. Sebagai Moderator  sidang  adalah  Dr. Ni Luh Sustyawati.

Demikianlah laporan kami semoga seminar ini berjalan dengan baik, terimakasih dan kami akhiri dengan Prama Santi ,

Om Santi Santi Santi Om.

Comments are closed.