Download PDF Version

Laporan Rektor Pada Dies Natalis VIII, Wisuda Sarjana Seni IX, Dan Pengenalan Guru Besar

LAPORAN REKTOR PADA DIES NATALIS VIII, WISUDA SARJANA SENI IX, DAN PENGENALAN GURU BESAR INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR, 28 JULI 2011

Yth.  Bapak Gubernur, Bupati, dan Walikota se Bali

Bapak Gubernur Sulawesi Tengah (Kadisbudpar)

Bapak Rektor dan ibu Rektor PTN/PTS/Direktur Poltek se Bali.

Kordinator Kopertis Wil VIII

Dewan Penyantun ISI Denpasar

Anggota Senat Akademik ISI Denpasar

Rektor dan Ketua dilingkungan  BKS PT Seni se Indonesia

Dean of ALVA (Architecture, Landscape, and Visual Arts), UWA

Para Konsul Negara sahabat

Ketua Listibya Bali

Ketua PHDI Bali

Jero Bendesa, Kelian Banjar, Para pengelingsir,  Sesepuh Banjar, dan Ketua Teruna Teruni

Ikatan Alumni ISI Denpasar

Civitas Akademika dan keluarga besar ISI Denpasar

Seluruh Wisudawan beserta keluarga

Para seniman, budayawan, para tamu undangan dan seluruh hadirin yang berbahagia.

OM Swastyastu,

Ass.WW

Salam Sejahtera Bagi kita semua, dan Selamat Pagi.

Mengawali laporan ini, marilah kita panjatkan doa puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatNYA lah kita dapat berkumpul di gedung Natya Mandala ini dalam acara Dies Natalis VIII,  Wisuda Sarjana Seni IX, dan pengenalan  Guru Besar ISI Denpasar. Selanjutnya, ijinkanlah saya, atas nama keluarga besar ISI Denpasar, mengucapkan selamat datang kepada seluruh undangan dan hadirin, disertai ucapan terimakasih atas kesediaannya memenuhi undangan kami.

Hadirin yang kami muliakan

Pada hari ini, Kamis 28 Juli 2011, akan diwisuda 170 orang mahasiswa lulusan tahun akademik 2010/2011 dengan perincian 64 orang dari Fakultas Seni Pertunjukan dan 104 orang dari Fakultas Seni Rupa dan Desain. Secara lebih detail wisudawan yang berasal dari Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari: 27 PS Tari, 31 PS Karawitan, dan  6 PS Pedalangan; sedangkan wisudawan Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari :  28 PS SR Murni , 21 Desain Interior , 50 DKV , 2 Kriya Seni , dan Fotography 5 orang. Dengan diwisudanya 170 orang mahasiswa pada hari ini, maka sejak tahun 1973 hingga tahun 2011 (dari ASTI hingga ISI) telah berhasil diwisuda sebanyak 2264 orang yang meliputi Sarjana Muda, Seniman Setingkat Sarjana, dan Sarjana Seni.

Selanjutnya pada kesempatan yang bersejarah ini, akan diperkenalkan Guru Besar Bidang Desain Interior ISI Denpasar atas nama Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa., M.Kes., sekaligus akan membawakan orasi ilmiahnya dengan judul: Konsep Estetika dan Teknis Dalam Bingkai Ergonomi Total Pada Desain Interior. Selain itu, melalui kesempatan yang baik ini pula, kami umumkan bahwa mulai tahun ajaran 2011/2012, ISI Denpasar secara resmi membuka Program Magister (S2) Penciptaan dan Pengkajian Seni, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, No.: 90/E/O/2011, tanggal 27 April 2011.

Para undangan yang kami hormati

Untuk memberikan gambaran perkembangan selama 3 tahun terakhir penyelenggaraan pendidikan tinggi di lingkungan ISI Denpasar, dan sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja sekaligus pertanggungan jawab Rektor, dapat dilihat pada Laporan Rektor yang dipersembahkan pada Dies Natalis VIII dan Wisuda Sarjana Seni IX ISI Denpasar Tahun 2011. (Laporan itu tidak akan saya baca).

Yang perlu saya garis bawahi adalah , meskipun kami telah berusaha untuk bekerja secara maksimal, kekurangan dan masalah pastilah selalu ada. Kenapa demikian? Tidak lain dan tidak bukan karena ISI Denpasar ini adalah sebuah lembaga pendidikan. Terkait dengan hal tersebut, sekali lagi saya ingin mengutip pernyataan Bapak Menteri Pendidikan Nasional (Prof. Dr. M. Nuh). yang mengatakan bahwa dunia pendidikan itu tidak akan pernah kekurangan masalah ,karena yang dikelola adalah manusia dan ilmu. Maka dari itu janganlah pernah khawatir kita akan kekurangan masalah sebab stok masalahnya cukup banyak (termasuk ISI Denpasar, tentunya). Yang penting adalah bagaimana kita mencari solusi yang sebaik-baiknya terhadap masalah itu, bukan justru sebaliknya yaitu menambah masalah baru atau merupakan bagian dari masalah itu sendiri.

Hadirin yang berbahagia,

Menyadari bahwa tantangan yang dihadapi ke depan semakin tidak ringan maka dalam konteks persaingan lokal, nasional, dan global, kami telah mencanangkan bahwa ISI Denpasar diharapkan dapat menjadi Perguruan Tinggi Seni yang berbasis keunggulan lokal dengan kualitas bertaraf internasional. Strategi pencapaiannya adalah melalui tiga pilar sesuai dengan yang dicanangkan Kemdiknas yaitu: power sharing, Sinergy dalam proses, dan pemanfaatan IT.

Para undangan yang kami hormati

Dalam kaitannya dengan go international, ISI Denpasar terus berusaha keras meningkatkan diri baik ke luar maupun ke dalam. Peningkatan SDM ke luar dan ke dalam dilakukan secara kompetitif,  berkesinambungan, sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. Kami bersyukur bahwa dalam rangka peningkatan kualitas SDM untuk mahasiswa khususnya, pada tahun akademik 2011/2012, ISI Denpasar kembali terpilih sebagai peserta ”Student Mobility  dan Credit Transfer Programme, Malaysia-Indonesia-Thailand (MIT). Program ini merupakan program inovatif yang digulirkan Ditjen Dikti sejak tahun 2010.  Lebih jauh, usaha-usaha peningkatan SDM dilakukan pula melalui muhibah seni ke luar negeri dengan pola :pagelaran/pameran, workshop, seminar,  kolaborasi, dan komparatif study. Peningkatan kualitas dosen melalui jalur pendidikan, magang, penelitian, dan penerbitan, juga terus digalakkan; termasuk   peningkatkan kualitas  Mudra: Journal of Arts and Culture dan penerbitan lainnya. Selain itu, kami juga sangat berterimakasih kepada para mahasiswa dan dosen yang telah mampu menunjukkan daya kreatifitasnya yang tinggi lewat pagelaran atau pameran yang dipersembahkan pada even-even yang sangat bergengsi.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam kaitannya dengan membangun karakter dan jatidiri bangsa, seni dapat dipakai sebagai salah satu sarana untuk menanamkan “pondasi maya”. Yang dimaksud dengan pondasi maya adalah pondasi yang secara kasat mata tidak kelihatan. Sifatnya adalah non-fisik, namun itu ada, misalnya berupa filasafat, konsep, nilai, dan kearifan lokal lainnya. Pondasi maya adalah sebuah analogi. Ibarat membicarakan sebuah bangunan, maka kalau kita menyebut pondasi pada umumnya kita berbicara tentang pondasi fisik yang kasat mata misalnya yang terbuat dari beton. Namun harusalah diingat bahwa pondasi fisik yang dilihat sebenarnya didasari konsep yang mengandung filsafat, nilai, atau kearifan lokal yang lain. Dengan pondasi yang kuat maka seyogyanya akan menghasilkan sebuah bangunan kuat dan memiliki jatidiri. Selanjutnya, apabila kita kaitkan dengan pembentukan karakter seorang anak didik, maka  guru, dosen, terlebih lagi Guru Besar, seyogyanya menjadi panutan atau model.

Hadirin yang kami muliakan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini hadir ditengah-tengah kita mereka yang berpretasi pada tahun 2011. Mereka itu adalah:

Dosen Berprestasi:

1. Cok Istri Ratna Cora Sudharsana, S.Sn. M.Si. (Desain Interior)

2. Ni Ketut Dewi Yulianti, SS.,Mhum (Karawitan).

3. Drs. I Nengah Sarwa, M.Pd. (Karawitan).

Pengelola Keuangan Berprestasi

1. Ni Made Erny Lestari, SE. (Staf Subag Keuangan BAUK)

2. Ida Ayu Putu Sri Citrawati, SE. (Staf Subag Keuangan BAUK

Laboran Berprestasi

1. I Made Gede Putra Jaya, S.Sn. (Laboran FSRD)

2. I Nyoman Japayasa, S.Sn. (Laboran  FSP)

Mahasiswa Berprestasi

1. I Nengah Ari Wijayanti (Seni Tari, FSP)

2. Haikal Agung Pratama Putra Supit (Desain Interior FSRD)

3. Ni Putu Yuda Jayanthi (Kriya Seni FSRD).

Ketua Program Studi Berprestasi

  1. I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Si.  (Ketua Ps Fotografi)
  2. I Wayan Suharta, SSKar, Msi. (Ketua PS Karawitan)

Administrasi Akademik Berprestasi

  1. Ni Made Astari, SE. (Staf Akademik FSP)
  2. Friska Sitorus, S.Sos. (Staf Akademik FSRD)

Mhs Program Student Mobility dan Transfer Kredit MIT

1. A.A. Ngr. Gde Dharmata Amitaba (DKV_Tammasatt, Thailand)

2. Ni Made Sri Wahyuni (Tari-Tammasatt)

3. Hutfiatun (Desain Interior-

4.I Gede Suwidnya (Karawitan-

5. Aryo Agung (Fotografi-

Para Undangan yang kami muliakan

Sekarang ijinkanlah saya menyampaikan beberapa patah kata kepada para wisudawan yang  berbahagia. Atas nama seluruh civitas akademika ISI Denpasar, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan Anda melewati masa-masa sulit selama Anda ditempa di kampus seni ini. Perjuangan yang tak mengenal lelah dan tekad pantang menyerah di jalan yang benar telah mengantarkan Anda “memukul GONG” pada hari ini diiringi air mata keharuan dan kebanggaan dari para orang tua, wali, pacar, dan seluruh hadirin yang ikut menjadi saksi sejarah, hanya sekali dalam hidup Anda.

Semangat, kerja keras, daya nalar dan kreatifitas yang tinggi tentu patut diacungi jempol dan patut dijadikan panutan dan kebanggaan kita semua. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami menghaturkan terimakasih atas segala perjuangan dan citra positif yang telah anda torehkan untuk kampus kita tercinta.

He kawan

Engkau datang, berjuang, dan kini harus pergi

Engkau harus pergi, pergilah dan pergi dengan kepala tegak

Pergilah kawan, tapi tetaplah disini

Kuterima sms dari seorang teman, kini kuteruskan kepadamu.

Ingatlah kawan

Tak selamanya hati seputih awan

Tak selamanya jiwa sebening embun

Bila lidah salah berucap

Tangan salah berbuat

Terimalah maaf, walau tangan tak sempat berjabat.

Pengalaman anda mengikuti pendidikan di kampus ini telah menjadi sejarah. Ingatlah, hari esok adalah sebuah misteri, dan sekarang adalah hari bahagia. Anda dilepas lembaga dengan penuh kebesaran dan kebanggaan. Anda diwisuda. Oleh karena itu, janganlah hanya memikirkan sakitnya cobaan yang pernah anda alami dalam studi, tapi renungkanlah akibat indah dari semua cobaan tersebut.  Semoga Tuhan selalu memberikan jalan terbaik dan kedamaian kepada kita semua.

Hadirin yang kami hormati,

Selanjutnya,  ijinkan pula kami menyampaikan ucapan selamat kepada Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa., M.Kes, dan keluarga, atas prestasi gemilang yang telah dicapai sehingga berhasil diperkenalkan sebagai Guru Besar  baru di lingkungan ISI Denpasar pada hari ini. Sebagai penyandang Guru Besar, sudah tentu tugas dan tanggung jawab menjadi semakin berat sesuai dengan aturan serta norma-norma yang berlaku. Singkatnya, seorang Guru Besar haruslah menjadi contoh dan panutan. Saya yakin, rekan saya Prof. Artayasa akan mampu mengemban tugas mulia ini demi kemajuan lembaga yang sangat kita cintai.

Para undangan dan hadirin yang kami hormati

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan secara singkat.  Sekali lagi ijinkanlah kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas segala bantuan dan dorongan yang telah diberikan kepada ISI Denpasar, baik itu instansi pemerintah, swasta dan perorangan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada kawan-kawan di FSP,  FSRD, dan semua panitia yang telah bekerja keras sehingga seluruh acara mulai dari kegiatan pra dies sampai pada acara puncak pada hari ini dapat terlaksana dengan lancar sesuai rencana.

Sambutan ini kami tutup dengan sekilas gambaran tentang networking ISI Denpasar, sebagai berikut.

Terimakasih

OM Shanti, Shanti, Shanti, OM.

Denpasar, 28 Juli 2010

Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA.

Laporan Rektor Selengkapnya

Pengantar

Laporan rektor

Lampiraan 1

Untuk Memberikan komentar gunakan Fasilitas Forum > Berita. Fasilitas ini dapat diakses melalui alamat: http://forum.isi-dps.ac.id

Share