Penghargaan Merdeka Belajar dari Kemdikbudristek untuk ISI Denpasar

Jun 7, 2023 | Berita, Berita Kegiatan

Pagi hari itu Pak Gotra salah satu pegawai Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar) tampak duduk berjaga di ruang humas. Tepat pukul 08.00 Wita, ia berbincang bersama  tim dimejanya. Berselang beberapa menit kemudian, Pak Gotra dihampiri oleh salah seorang kurir memberikannya sepucuk surat yang ditujukan kepada lembaga ISI Denpasar. Surat itu diterima dengan baik, sapaan ramah Pak Gotra menunjukan ramahnya lembaga menerima tamu di kampus ini.

Surat itu dibaca pelan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Ternyata surat secara khusus ditujukan kepada Rektor ISI Denpasar. Dengan nomor surat 14953/A.A6/HM.01.00/2023, atas tanda tangan sekretaris jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Suharti bersurat atas keputusan Kemdikbudristek yang memutuskan kampus ISI Denpasar diundang sebagai penerima anugrah Kampus Merdeka. Penganugrahan tersebut diberikan dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional pada setiap 2 Mei merupakan momentum untuk mengenang jasa-jasa Ki Hajar Dewantara bagi dunia pendidikan Indonesia. Filsafat dan pemikiran Ki Hajar Dewantara merupakan landasan yang mendasari terobosan Kemdikbudristek dalam kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan ini diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam kurikulum merdeka termasuk pada kurikulum perguruan tinggi. Dalam tiga tahun terakhir, Kemendikbudristek telah meluncurkan dua puluh empat episode Merdek Belajar yang berfokus pada transformasi system pendidikan Indonesia khususnya pada aspek pembelajaran, pendanaan, dan pengelolaan. Upaya transformasi system pendidikan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan SDM Indonesia yang unggul. Sosialisasi dan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan SDM yang unggul terus digalakkan oleh pemerintah melalui Kemdikbudristek.

Ada banyak capaian program Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan Kemdikbudristek. Beberapa capaian besar yang telah diwujudkan dengan Merdeka Belajar antara lain meliputi pengangkatan 544.292 guru honorer sebagai ASN PPPK dari total 1,2 juta guru honorer dalam jangka waktu dua tahun terakhir, pelaksanaan program-program belajar di luar kampus yang telah diikuti oleh lebih dari 476.000 mahasiswa perguruan tinggi akademik dan vokasi, implementasi kurikulum Merdeka secara sukarela oleh 306.995 dari total 443.001 satuan pendidikan, serta digitalisasi pendidikan melalui pemanfaatan platform Merdeka Mengajar oleh lebih dari 2,6 juta dari total 3,3 juta guru di seluruh Indonesia.

Mengingat perjalanan dan capaian dari gerakan Merdeka Belajar, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, Kemdikbudristek menetapkan bulan Mei 2023 sebagai bulan Merdeka Belajar dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Medeka Belajar”. Bulan Merdeka Belajar dimeriahkan dengan beragam kegiatan, salah satunya yaitu puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada 28 dan 29 Mei 2023 di Yograkarta dengan agenda kegiatan Karnaval Merdeka Belajar, dan pemberian anugerah. Kampus ISI Denpasar menjadi salah satu penerima anugerah Merdeka Belajar tersebut.

Direktoral Jendral Pendidikan Kemendikbudrsitek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D (kanan) memberikan Penghargaan Merdeka Belajar kepada Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Adnyana (kiri).

Sumber: dokumentasi Kemdikbudristek

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan “Kun” Adnyana, M.Sn bersama jajaran menghadiri acara penganugerahan tersebut di Yogyakarta sesuai undangan. Prof. Adnyana mengikuti rangkaian kegiatan yang berlangsung dengan mengenakan pakaian endek khas Bali. Pada 28 Mei 2023, acara yang berlangsung pada titik nol Yogyakarta adalah karnaval Merdeka Belajar. Acara tersebut berlangsung sangat meriah, rektor ISI Denpasar mengikuti acara bersama rektor perguruan tinggi lainnya serta delegasi dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Acara tampak meriah penuh makna tentang pendidikan dan kebudayaan nasional.

Tanggal 29 Mei 2023 Kemendikbudristek memberikan Anugerah Merdeka Belajar tahun 2023 kepada media, sosok inspiratif, dan mitra atas pencapaian dan dukungan terhadap kebijakan pendidikan dan kebudayaan. Pemberian anugerah diselenggarakan di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Prambanan, Yogyakarta. ISI Denpasar mendapatkan anugerah penghargaan sebagai peserta terbanyak dalam mengikuti kegiatan Merdeka Belajar. Kemendikbudristek percaya bahwa dengan mengembalikan sistem pendidikan Indonesia pada marwahnya, yakni kembali ke cita-cita Ki Hadjar Dewantara, anak-anak kita akan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul, berwawasan global dengan tetap mengacu pada kearifan lokal. Cita-cita Ki hajar Dewantara tercermin dalam kebijakan Merdeka Belajar. Mendikbudristek selama tiga tahun belakangan terus menghimpun seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam gerakan Merdeka Belajar. Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti, juga mengungkapkan kekagumannya terhadap para penerima penghargaan termasuk pada kampus ISI Denpasar. ISI Denpasar sebagai salah satu perguruan tinggi yang menerima penghargaan Merdeka Belajar  telah menunjukkan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan dalam mengejar cita-citanya. ISI Denpasar juga memiliki peran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di Indonesia dan dunia. Kemendikbudristek memberikan anugerah Merdeka Belajar kepada para pemangku kepentingan mitra Merdeka Belajar.

Piagam Penghargaan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A kepada Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sumber: dokumen ISI Denpasar

Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada para pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Setiap penerima penghargaan telah mengalami seleksi yang ketat yang telah dilaksanakan oleh Kemendikbud.

Puncak acara peringatan Bulan Merdeka Belajar dibuka dengan karnaval yang dilakukan dari Museum Benteng Vredeburg hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Setelahnya, Kemendikbudristek melakukan ziarah pada makam Ki Hajar Dewantara. Setelahnya dilangsungkan Anugerah Merdeka Belajar di Gedung Trimurti Prambanan.

Akhirnya, rangkaian kegiatan ditutup dengan malam puncak acara Merdeka Belajar yang diselenggarakan di Panggung Ramayana, Kawasan Bale Prambanan. Rangkaian kegiatan pada puncak acara ini menutup seluruh kegiatan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional serta Bulan Merdeka Belajar yang telah diadakan mulai dari 2 Mei 2023. Semua kegiatan ini dibuka dengan upacara Hari Pendidikan yang dilakukan di seluruh UPT Kemendikbud Ristek, serta semua sekolah di Indonesia. Setelahnya, Kemendikbud turut mengadakan lomba foto, serta lomba artikel dan karya jurnalistik. Ada pula seminar Merdeka Belajar yang diselenggarakan dua kali seminggu dan ditayangkan pada media sosial Kemendikbud Ristek. Prof. Adnyana, Rektor ISI Denpasar melalu pesan WA Group menyampaikan bahwa ISI Denpasar mendapatkan anugerah Merdeka belajar, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa perserta MBKM dan juga terima kasih pada semua dosen dan pegawai yang selalu mendukung kegiatan kampus. Rahayu. (nuriarta/isidps)

Anugerah Merdeka Belajar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A kepada Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sumber: dokumen ISI Denpasar

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...