Download PDF Version

Perkuat Peran dan Fungsi Kuliah Kerja Nyata di Perguruan Tinggi

Guna memperkuat kembali peran dan fungsi Kuliah Kerja Nyata di perguruan tinggi,  Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (DP2M) Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) ISI Denpasar menyelenggarakan Sosialisasi Revitalisasi Kuliah Kerja Nyata di Masa Mendatang. Kegiatan berlangsung dari tanggal 24 sampai 25 Maret 2010, bertempat di Hotel Dyana Pura, Kuta, Seminyak. Peserta sosialisasi meliputi LP2M, Dosen Pembimbing, dan mahasiswa dari 19 universitas yang ada di Bali, serta kawasan Timur serta terdapat juga peserta dari ITS, UNAIR, STIE Triatmajaya, Univ. Muhamadyah Mataram, Univ. Nusa Cendana, dan Univ. Mataram.

Dalam sosialisasi terungkap bahwa Kuliah Kerja Nyata di Perguruan Tinggi merupakan bagian integral dari proses pendidikan yang mempunyai ciri-ciri khusus. Karenanya system penyelenggaraannya memerlukan landasan idiil yang secara filosofis akan memberikan petunjuk serta mengendalikan pola tindakan dalam setiap proses penyelenggaraannya. Untuk itu sekurang-kurangnya mengandung lima asas yang bernilai fundamental yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya. Yaitu (1) keterpaduan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, (2) pendekatan interdisipliner dan komprehensip, (3) lintas sektoral, (4) dimensi yang luas dan pragramatis serta (5) keterlibatan masyarakat secara aktif.

Dari evaluasi nasional yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi sampai sekarang dan berbagai karya ilmiah lainnya, diketahui bahwa Kuliah Kerja Nyata mempunyai banyak manfaat untuk mahasiswa, masyarakat, pemerintah daerah maupun perguruan tinggi, karena pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata mempunyai makna personality development, Institutional development, dan community development, meskipun dalam pelaksanaannya Kuliah Kerja Nyata masih memerlukan adanya pengembangan agar Kuliah Kerja Nyata dapat berkiprah dengan optimal bersama masyarakat tanpa kehilangan arti mendasar dari falsafah, pengertian dan tujuan Kuliah Kerja Nyata.

Tantangan pembangunan dari tahun ketahun semakin kompleks dan membutuhkan perangkat Ipteks serta kemampuan yang lebih tinggi untuk mengatasinya. Revitalisasi Kuliah Kerja Nyata di perguruan tinggi selalu dikaitkan dengan prioritas upaya penyelesain masalah masyarakat melalui berbagai penerapan Ipteks yang sesuai dengan potensi wilayah dan kemampuan sumberdaya manusia pelaksanaanya dalam perannya untuk masa depan.

Sementara Ketua LP2M ISI Denpasar Drs. I Gst. Ngr. Seramasara, M.Hum., mengungkapkan rasa terimakasih terhadap DP2M Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi atas kepercayaan yang diberikan kepada ISI Denpasar untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus terjalin dengan baik. Dan dengan adanya sosialisasi ini maka kita dapat memperoleh masukan tentang kontribusi program Kuliah Kerja Nyata dalam pemberdayaan masyarakat. Sehingga tercapai tujuan yang sesuai dengan tema yaitu ”Revitalisasi Kuliah Kerja Nyata sebagai upaya peningkatan peran kemitraan Perguruan Tinggi dengan pemerintah dan perusahaan/industri dalam program-program pemberdayaan masyarakat”.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Untuk Memberikan komentar gunakan Fasilitas Forum > Berita. Fasilitas ini dapat diakses melalui alamat: http://forum.isi-dps.ac.id

Share