Pilmapres, Sinergikan Hard dan Soft Skill Mahasiswa Sri Ayu Pradnya Larasati Wakili ISI Denpasar ke Tingkat Nasional

Pilmapres, Sinergikan Hard dan Soft Skill Mahasiswa Sri Ayu Pradnya Larasati Wakili ISI Denpasar ke Tingkat Nasional

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar Pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) 2018, sesuai instruksi dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenrisertdikti. Seleksi Pilmapres dilakukan dua tahap, pertama tingkat fakultas, selanjutnya tingkat institusi untuk menemukan peserta terbaik. 
Para pemenang di tingkat institusi, berhak mengikuti Pilmapres di tingkat nasional yang dilangsungkan mulai 5 hingga 19 April 2018. Melalui ajang Pilmapres, mahasiswa ISI Denpasar diharapkan termotivasi untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler sebagai wahana mensinergikan hard dan soft skills mahasiswa. Demikian dikatakan Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni ISI Denpasar Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes., di sela seleksi Pilmapres, Kamis (5/4) di kampus setempat.
Artayasa menambahkan, Pilmapres merupakan wujud apresiasi pemerintah (Kemenristekdikti) terhadap mahasiswa berprestasi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, untuk mewujudkan visi Kemenristekdikti yakni, ‘Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa’. “Ini adalah bentuk penghargaan bagi prestasi mahasiswa,” kata dia di sela seleksi yang didampingi Bagian Humas I Gede Eko Jaya Utama, SE., MM.
Lebih lanjut, Artayasa menjelaskan para peserta Pilmapres ISI Denpasar diikuti oleh peserta didik yang memang berprestasi, baik unsur akademik dan non-akademik. Selain itu, peserta juga harus mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, punya karya, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila. Ia mengaku, melalui even ini, ISI Denpasar terdorong untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.
Berdasarkan keputusan tim penilai, Sri Ayu Pradnya Larasati (Prodi Seni Tari) keluar sebagai mahasiswa berprestasi terbaik 1. Disusul IGN Agung Yudha Putra (Prodi Desain Komunikasi Visual) di posisi 2, serta AA Bagus Harjunantara (Prodi Tari) di posisi ke 3. Untuk mahasiswa berprestasi harapan 1 diraih I Wayan Putra Ariawan (Prodi Desain Interior), harapan 2 I Gede Yogi Sukawiadnyana (Prodi Seni Karawitan, serta I Gede Ngurah Hartawan (Prodi Fotografi) sebagai mahasiswa berprestasi harapan 3. Dengan demikian, Sri Ayu Pradnya Larasati, berhak mewakili ISI Denpasar berlaga di Pilmapres tingkat nasional.
Tim seleksi Pilmapres ISI Denpasar 2018 terbagi atas tiga kategori penilaian, di antaranya, Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes., Dr. I Ketut Suteja, SST., M.Sn., Dr. I Komang Sudirga, S.Sn., M.Hum., dan Dr. I wayan Adnyana (Penilai Karya Tulis). Drs. IGN Seramasara., M.Hum., Dr. AA Gde Bagus Udayana., S.Sn., M.Sn., I Ketut Garwa., S.Sn., M.Sn., dan I Gede Mawan, S.Sn., M.Si. (Penilai IPK dan prestasi yang diunggulkan). Sedangkan kemampuan bahasa Inggris dinilai oleh Ni Ketut Dewi Yulianti SS., M.Hum., dan Ni Kadek Dwiyani SS., M.Hum.

Comments are closed.