Presiden Jokowi Disambut Tari Shiwa Nataraja di Kampus ISI Denpasar

Presiden Jokowi Disambut Tari Shiwa Nataraja di Kampus ISI Denpasar

Sumber : http://www.imq21.com/news/read/488234/20180623/213641/Presiden-Jokowi-Disambut-Tari-Shiwa-Nataraja-di-Kampus-ISI-Denpasar.html

IMQ, Denpasar —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut Tari Shiwa Nataraja, yang merupakan tarian kebesaran kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Tari Siwanataraja merupakan tari yang menggambarkan Dewa Siwa sebagai Raja Tari, dengan gerak ritmisnya menciptakan kosmis alam semesta, kata Dekan Falkultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, Dr. I Komang Sudirga, di sela acara perkuliahan umum oleh Presiden Jokowi di kampus ISI Denpasar, Bali, Sabtu (23/6).

Komang Sudirga menjelaskan Tari Siwa Nataraja adalah hasil karya seni dosen ISI Denpasar, Dr. NLN Swasthi Wijaya Bandem, pada 1991, sedangkan musik tari diciptakan I Nyoman Windha. Karya tersebut biasa dipentaskan berkaitan dengan ritual akademik di kampus ISI Denpasar.

Dia mengutarakan rasa bangga dengan kehadiran Kepala Negara dalam memberikan perkuliahaan umum yang bertema "Pemajuan Kesenian Nusantara dalam Menjaga Kebhinekaan dan Persatuan Indonesia". Hal itu menandakan kesungguhan Presiden dalam mengimplementasikan program-programnya.

Untuk membangun ISI Denpasar, katanya, meski hanya kampus kecil, tetapi tetap memiliki reputasi. "Ini menjadi legitimasi terhadap ilmu pendidikan seni, sejajar dengan ilmu science lainnya," ujarnya.

Ia berharap ke depan pemerintah dapat memberikan atensi dalam pembangunan sumber daya manusia seni budaya untuk membangun kemajuan seni budaya di negeri ini.

"Sehingga seni budaya dapat memajukan peradaban dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.

Comments are closed.