Program Studi Tari (S1)

Visi Program Studi Seni Tari

Visi Program Studi Tari ialah menjadi pusat unggulan yang tangguh dalam penyelenggaraan pendidikan, pengkajian dan penciptaan dalam bidang seni tari, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang tanggap, baik teoritik maupun praktek, memiliki daya kompetitif, dan berpandangan luas ke depan.

Rumusan visi tersebut di atas sejalan dengan visi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar, yakni : menghasilkan lulusan berkulitas yang memahami, menguasai ilmu seni dan ketrampilan seni, serta mampu menerapkan secara positif sesuai dengan perkembangan masyarakat. Visi ini dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi bertujuan untuk: a). Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat mengembangkan, menciptakan dan menerapkan pengetahuan, teknologi dan seni; b). Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan seni dalam berbagai bidang dan disiplin ilmu yang relevan dengan kebutuhan pembangunan, masyarakat, serta kemanusiaan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Visi Program Studi Seni Tari telah disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika di lingkungan Program Studi Seni Tari sejak Program Studi ini berdiri. Secara berkala sosialisasi tersebut dilakukan setiap menjelang ujian akhir semester SMU di Kabupaten dan Kota yang ada di Bali, maupun pada saat Orientasi Program Studi kepada Calon Mahasiswa Baru. Berdasarkan sosialisasi tersebut visi Program Studi dapat dipahami oleh seluruh civitas akademika Program Studi Seni Tari.

Misi Program Studi Tari

  1. Menyelenggarakan serta mengembangkan pendidikan dan penelitian seni tari untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang potensial dan profesional yang dapat membangun dan dapat mengembangkan lembaga melalui seni tari untuk mengefektifkan pencapaian dan perwujudan tujuan pembangunan dan pendidikan nasional.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan tujuan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dengan memanfaatkan keberadaan para pakar dan maestro seni tari, sebagai acuan pendidikan tari spesialisasi untuk mencapai identitas diri.
  3. Membina kehidupan akademik yang sehat dan mengembangkan ilmu pengetahuan, serta teknologi melalui karya cipta seni dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia.
  4. Membekali lulusan dengan modal pembinaan untuk mengembangkan SDM secara berkelanjutan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan alternatif kepada mahasiswa, sehingga mampu menjawab peluang pasar kerja lokal, nasional, dan global.

Tujuan Program Studi Tari

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional, sehingga dapat mengembangkan teori dan konsep sebagai landasan pemahaman dalam berolah seni, baik penciptaan maupun pengkajian.
Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian, serta mengupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional.

No Comments Yet.

Leave a comment