Himne, Mars dan Tarian

Himne

Notasi Dan Lirik Himne


hymne

ISI Denpasar memiliki himne yang disebut Himne ISI Denpasar, yang lagu dan syairnya diciptakan oleh I Gusti Bagus Nyoman Pandji. Himne ISI Denpasar memiliki makna melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi membentuk manusia seutuhnya dengan kompetensi mencipta, mengkaji, membina, dan mengabdi pada seni budaya bangsa.

         
 
 

Mars

Notasi Dan Lirik Mars

mars
ISI Denpasar memiliki mars yang disebut Mars ISI Denpasar, yang lagu dan syairnya diciptakan oleh I Gusti Bagus Ngurah Arjana. Mars ISI Denpasar memiliki makna sebagai penggugah semangat civitas akademika ISI Denpasar untuk membangun budaya bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Tari Kebesaran

Tari Siwa Nata Raja

Foto Tari Siwa Nata Raja

ISI Denpasar memiliki tari kebesaran yang disebut Ciwa Nataraja, pencipta tari dan penata busana oleh N.L.N. Swasthi Widjaja Bandem, sedangkan penata iringannya oleh I Nyoman Windha. Tari kebesaran menggambarkan manifestasi Ciwa sebagai penari tertinggi yang menciptakan dunia lewat tari, Sebagai dewanya penari, Ciwa Nataraja secara terus menerus menari sehingga terciptanya ritme dan keteraturan dalam kosmos. Pancaran energi suci Ciwa, kemudian bersatu dan terciptalah alam semesta beserta isinya. Tarian Ciwa Nataraja ditarik oleh 9 (sembilan) orang penari, seorang berperan sebagai Ciwa, sedangkan 8 (delapan) orang penari lainnya merupakan simbol dari pancaran energi suci Ciwa. Tarian Ciwa Nataraja merupakan perpaduan antara elemen-elemen tari Bali dengan elemen-elemen tari bharata natyam, yang menyatu tidak terpisahkan.

Himne, Mars, dan Tari Kebesaran Ciwa Nataraja, hanya dipergunakan pada upacara akademik atau upacara pengesahan mahasiswa baru, wisuda, dies natalis, pengukuhan guru besar, pemberian gelar doktor kehormatan, pemberian tanda penghargaan dan upacara khusus lainnya.