Teknologi Informasi Dan Komunikasi

STRUKTUR ORGANISASI UPT. TIK

(TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI)

 

 

Sejarah

Sumber daya Pusat Komputer (PUSKOM) ISI DENPASAR dikelola oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Komputer (PUSKOM), yang dipimpin oleh seorang Kepala UPT Puskom dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Pada awal pendiriannya pada tahun 2003 yang kala itu masih berbentuk STSI Denpasar, UPT Puskom ISI Denpasar belum mempunyai satu komputer pun dan hanya terdiri dari satu orang sebagai kepala UPT dapat dikatakan bahwa UPT Puskom tanpa komputer. Tugas UPT Puskom adalah mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data dan informasi.

Pada Tahun 2004 UPT Puskom memenangkan Hibah Kompetisi ISS selama dua tahun. Tahun 2005 UPT Puskom mendapat tempat seluas 69 m2 di salah satu ruang di gedung Ida Bagus Sidemen. Terkoneksinya ISI Denpasar dengan internet dengan bandwith yang hanya cukup untuk 4 komputer, dengan keyakinan dan kerja keras, UPT Puskom mencoba membuat website ISI Denpasar dengan alamat http://isi-dps.ac.id. Pada saat itu, UPT Puskom lebih banyak melayani warnet kampus, dan pembuatan video CD. Sangat beruntung bahwa pada tahun itu UPT Puskom mendapat pengalihan staf 3 orang yang terdiri atas 2 orang tenaga staf  dan 1 orang sebagai KasubBag. 

Pada tahun 2006 pengembangan lebih banyak diarahkan pada multimedia karena adanya peningkatan permintaan atas dokumentasi video, capturing baik dari stakeholder internal maupun eksternal. Peralatan multimedia dan Puskom pada saat itu telah bertambah sampai ruangan yang ada sudah tidak memadai lagi.

Atas prakarsa PR II tentang pembentukan Pusyandis (Pusat Layanan Data dan Informasi Seni) ISI Denpasar, dan berkat diperolehnya hibah kompetisi Inherent K-0, pada tahun 2007, lantai I gedung IB Sidemen di berikan untuk kegiatan Puskom walaupun dengan sedikit kekecewaan dari pihak-pihak yang menempati ruangan-ruangan yang ada di antai bawah. Maka mulai akhir tahun 2007 ISI Denpasar telah memulai era baru melalui penyelenggarakan video conference yang terletak dilantai bawah dan bersebelahan dengan warnet kampus sebagai embrio bagi student centre ISI Denpasar. Pada tahun 2007 akses hotspot untuk area puskom telah pula dibangun.

Tahun 2008 kembali UPT Puskom mendapat hibah kompetisi Inherent K-1 untuk konten inherent dan mendapat pendanaan untuk perluasan jaringan intranet ke 2 fakultas. Pendanaan hibah kompetisi Inherent dan subsidi bandwith dari jardiknas, telah mengubah infrastruktur Puskom ISI Denpasar UPT Puskom menjadi lebih berkembang lagi walaupun belum ditunjang dengan effort yang memadai baik dari segi jumlah maupun kemampuannya belum cukup memadai. Infrastruktur yang telah dibangun pada tahun 2008 antara lain koneksi 2 fakultas pada JISTA, dan konten yang di kerjakan adalah system informasi akademik online yang terintegrasi dengan alamat http://jista.isi-dps.ac.id. Webmail @isi-dps.ac.id turut pula dibangun dengan menggunakan alamat http://mail.isi-dps.ac.id yang ditempatkan pada Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas). Perubahan format web ISI Denpasar menjadi format yang dinamis dengan menggunakan wordpress, telah meningkatkan jumlah kunjungan pencari informasi http://isi-dps.ac.id. Pada tahun 2014 per november jumlah pengunjung website mencapai 1,944,051 orang.

Tugas Pokok dan Fungsi

Sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis di ISI Denpasar, UPT. TIK mempunyai tugas dan fungsi pokok meliputi :

  • Terwujudnya budaya TIK dalam kegiatan pembelajaran
  • Terwujudnya budaya TIK dalam pelayanan akademik dan non akademik
  • Terwujudnya SIM berbasis IT sehingga cepat, efektif, dan efisien
  • Meningkatnya layanan system informasi akademik (SIA)
  • Tersedianya layanan E-learning
  • Meningkatnya kemampuan tenaga kependidikan

Sasaran UPT TIK ISI Denpasar 

  • Terpenuhi sarana pelayanan informasi yang akurat, tepat, mutahir, dan cepat kepada stakeholder internal dan eksternal.
  • Terciptanya sistem informasi akademik, sistem informasi sumber daya, sistem informasi pengetahuan yang handal untuk mendukung manajemen institusi yang efektif dan efisien.
  • Terciptanya sumberdaya teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan tri darma perguruan tinggi.
  • Terpenuhinya fasilitas infrastruktur, sistem akses jaringan internet, intranet, dan voip.
  • Terciptanya sistem manajemen profesional, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Motto

"Kampus lokal tradisional dengan format digital dan modern"

Visi

“Menjadi pusat pelayanan terbaik dan prima dalam mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan ISI Denpasar dalam tridarma perguruan tinggi melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)”

Misi

  • Mengolah dan mengelola sumberdaya teknologi, informasi, dan komunikasi institusi.
  • Menyediakan sistem informasi institusi yang strategis.
  • Mengkoordinasikan pemanfaatan sumberdaya teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menyediakan konektivitas jaringan komunikasi data dan multimedia baik secara internal maupun eksternal.
  • Menerapkan manajemen internal yang berorientasi pada perbaikan mutu berkelanjutan.

Tujuan

  • Memberikan pelayanan informasi yang akurat, tepat, mutakhir, dan cepat kepada stakeholder sesuai dengan kedudukan dan wewenangnya.
  • Mengembangkan sistem informasi seperti sistem informasi akademik, sistem informasi sumberdaya, dan sistem informasi pengetahuan, yang handal untuk mendukung manajemen institusi yang efektif dan efisien.
  • Memberikan dukungan teknis dan memantau jalannya sistem informasi institusi.
  • Mengembangkan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi.
  • Memberikan dan mengelola fasilitas dan sistem akses jaringan komunikasi data dan multimedia baik dalam jaringan intranet maupun internet.
  • Mengembangkan manajemen internal yang berorientasi pada pelayanan, transparansi, dan responsif terhadap perubahan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna internal dan eksternal.