Desain Dengan Citra Simulasi, Sebuah Integrasi Teknologi Secara Estetik

Desain Dengan Citra Simulasi, Sebuah Integrasi Teknologi Secara Estetik

Kiriman : I Gede Mugi Raharja (Dosen Jurusan Desain Interior FSRD ISI Denpasar)

ABSTRAK

Sejak teknologi komputer desain, khususnya komputer desain 3D dengan realitas virtual dipasarkan, teknologi ini telah mempengaruhi cara berpikir para arsitek maupun desainer interior di seluruh dunia. Pengaruh tersebut menyebabkan terjadinya perubahan proses pembuatan desain, dari cara menggambar secara manual beralih kepada komputer desain. Teknologi komputer desain ini hanyalah sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan desain, tetapi kelayakan estetis sebuah karya desain tetap harus lahir dari hasil pemikiran arsitek atau desainernya, sehingga karya desainnya dapat dipertanggungjawabkan.

Teknologi komputer desain 3D dengan realitas virtual merupakan teknologi simulasi mutakhir yang dapat membantu menciptakan simulasi desain. Simulasi desain merupakan citra, yakni tanda yang bersifat semu, yang diciptakan berupa model-model yang sebelumnya tidak pernah ada secara realitas. Akan tetapi, simulasi desain ini nantinya dapat diwujudkan secara nyata menjadi realitas yang bersifat fisik. Simulasi desain yang dilengkapi citra gerak, dapat mempengaruhi perasaan yang melihat, seperti di dunia nyata. Oleh karena itu, simulasi desain 3D dengan realitas virtual dapat menciptakan citra simulasi posrealitas. Meskipun bersifat artifisial, tetapi dapat mempengaruhi perasaan orang seperti di dunia nyata.

Dalam konteks budaya, teknologi komputer desain  merupakan  salah satu dari unsur kebudayaan. Teknologi komputer desain 3D dengan realitas virtual dapat diterima di seluruh dunia, karena adanya kesadaran akan kekurangan dalam teknologi untuk meningkatkan kualitas  pembuatan karya desain. Keinginan untuk mencapai kualitas  karya desain yang maksimal, menyebabkan arsitek atau desainer interior menerima teknologi komputer desain 3D dengan realitas virtual.Teknologi ini dapat menunjang kreativitas arsitek atau desainer interior, untuk membuat karya desain dengan cara mengintegrasikan teknologi secara estetik.

Kata Kunci: Teknologi Simulasi, Simulasi Desain, Realitas Virtual, Citra, Posrealitas.

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.