Estetika Bambu ” Keindahan Struktur Bambu”

Dec 28, 2015 | Artikel

Kiriman : Yulia Ardiani (Staff UPT. Puskom ISI Denpasar)

ABSTRAK

Bambu memiliki nilai tersendiri dalam seni, memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan banyak digunakan sebagai bahan bangunan dimana bambu dapat didesain untuk dekorasi rumah maupun restaurant. Terdapat banyak dekorasi bambu yang kini telah ada, dimana dulu bambu hanya digunakan sebagai alternative atau pengganti kayu.

Estetika adalah salah satu cabang filsafat yang membahas keindahan. Estetika merupakan ilmu membahas bagaimana keindahan bisa terbentuk, dan bagaimana keindahan tersebut dapat dirasakan. Nilai keindahan yang dimiliki bambu akan muncul ketika diaplikasikan dengan tepat. Aplikasi struktur bambu dapat digunakan dengan tahan lama apabila bambu telah diproses sebelumnya.

Estetika atau keindahan bambu itu sendiri terlihat ketika bambu tersebut sudah diolah, baik menjadi anyaman maupun dekorasi. Struktur bambu yang tidak teratur akan terlihat lebih mencolok ketika penempatan atau penggunaan bambu tersebut dilakukan dengan benar. bambu memiliki diameter yang berbeda , apabila perbedaan tersebut disatukan membentuk suatu dinamika maka akan memunculkan nilai keindahan.

Kata Kunci : Astetika, Bambu, Nilai, Seni

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...