Fenomena “Iklan Sisipan” Pada Program Sinetron “Ikatan Cinta” RCTI

Fenomena “Iklan Sisipan” Pada Program Sinetron “Ikatan Cinta” RCTI

Kiriman : Ni Kadek Dwiyani (Jurusan Televisi dan Film, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar)

Abstrak

Secara umum, pengertian iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Adapun media yang digunakan untuk memasarkan iklan adalah media televisi (TV). Iklan televisi mengambil peran penting, dalam Membangun dan mengembangkan citra positif bagi suatu perusahaan dan produk yang dihasilkan sehingga terbentuk opini publik yang positif terhadap perusahaan atau produk tersebut. Iklan TV saat ini telah berkembang secara pesat dalam proses pemasaraanya, dimana selain iklan regular yang biasanya muncul pada jeda program TV, sekarang juga ditayangkan sebagai iklan sisipan saat tayangan program TV sedang berlangsung. RCTI merupakan salah satu stasiun Tv dengan program sinetron “Ikatan Cinta” yang cukup banyak memiliki durasi iklan sisipan, yang akhirnya memiliki dampak yang sangat besar akan keutuhan cerita yang tentunya berpengaruh pada tingkat kepuasan penonton. 

Kata kunci: Iklan Sisipan, Program Sinetron Ikatan Cinta, RCTI

Selengkapnya dapat  unduh disini

Comments are closed.