Gambaran Kesenian Bali, Warnai Keindahan Tattoo

Nov 19, 2016 | Artikel

Kiriman : Yulia Ardiani (Staff UPT Teknologi Informasi Dan Komunikasi ISI Denpasar)

Abstrak

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang beribukotakan Denpasar dan merupakan salah satu pulau yang merupakan surga wisata yang memiliki daya tarik di pesona alam dan pesona keseniannya. Bali memang selalu memberikan pesonanya serta memiliki kesenian dan kebudayaan yang beraneka ragam, unik serta menarik.

Salah satu kesenian bali adalah seni lukis. Seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa yang mengapresiasikan pengalaman artistik seorang seniman melalui bidang dua dimensi. Bidang atau media tersebut dapat berupa kertas, kanvas, triplek, tembok dan media – media lainnya. Jaman modern media yang digunakan untuk seni lukis kian bertambah, salah satunya media kulit si seniman itu sendiri. Seni lukis yang menggunakan media kulit disebut tattoo atau rajah, tattoo merupakan suatu tanda yang dibuat dengan memasukan pigmen ke dalam kulit. Rajah atau tattoo pada manusia pada jaman dulu merupakan bentuk modifikasi tubuh. Tattoo yang di lukis di tubuh tergantung minat si seniman . akan tetapi seniman melukis tubuh atau tattoo sesuai keinginan orang yang ingin ditatoo. Biasa corak atau tattoo ada berbagai macam jenis. Ada berupa nama, bentuk, tokoh kartun, tribal (lambang – lambang tertentu). Yang kini membuat tattoo itu menarik adanya tattoo yang melukis kesenian bali seperti tarian, pewayangan, dan ukir – ukiran adat bali.

Kata Kunci : Kesenian, Bali, Lukis, Tatoo, Rajah

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...