Gaun Etnik Origami Tekstil Dalam Karya Adi Busana

Gaun Etnik Origami Tekstil Dalam Karya Adi Busana

Kiriman : Ni Putu Darmara Pradnya Paramita (Mahasiswa Jurusan Desain Mode ISI Denpasar)

Abstrak

Rancangan desain adi busana merupakan suatu karya dalam dunia fashion yang proses pembuatannya lebih banyak menggunakan tangan dari pada jahitan mesin. Origami yang berbahan dasar dari kain endek  yang merupakan sebagai sumber ide diawali dengan penelitian sumber ide, filosofi, inspirasi, sketsa desain.

Dalam karya adi busana dengan tema I love Bali yang mengambil judul karya yaitu Gaun Etnik Origami tekstil. Konsep dasar karya adalah origami. Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Gaya etnik berarti gaya berpakaian menurut budaya tertentu. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.Origami yang diaplikasikan pada karya adi busana.material atau bahan yang digunakan untuk mendukung ide yaitu kombinasi antara  bahan dasar endek motif dengan endek polos.

Adapun  Proses tahapan desain busana pada karya ini yaitu pembuatan sketsa desain adi busana, pembuatan pola dasar, pembuatan pola busana sesuai desain, pemotongan kain sesuai pola, proses penjahitan ,pembuatan serta pemasangan origami tekstil pada busana. Terciptanya karya adi busana yang terinspirasi dari origami tekstil yang mengangkat bahan tradisional Bali yaitu kain tenun ikat pakan Bali (endek)  yang berasal dari keunggulan budaya lokal, Kain tenun ikat pakan yang disebut endek merupakan kain tradisional berasal dari Bali warisan budaya nenek moyang. Pada kain endek terdapat berbagai macam motif yang diterapkan pada kain.Kain endek memiliki berbagai macam warna. Kain endek menjadi bahan dasar pembuatan busana dalam dunia fashion.

Harapan dalam pembuatan karya ini untuk  memperkenalkan endek ke masyarakat, untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap kain endek. Agar dapat mengolah kain endek menjadi suatu rancangan busana yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup konsumen.

Kata Kunci : Adi Busana, Etnik, Origami, Endek

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.