Historis ISI Denpasar Ditinjau dari Film Dokumenter: The Golden Story of ISI

Dec 31, 2015 | Artikel

Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA (Dosen Jurusan Film Dan Televisi)

ABSTRAK

Film dokumenter adalah film yang menceritakan tentang kehidupan seseorang mulai dari awal hingga akhir hidupnya yang diungkapkan dengan nyata tanpa ada penipuan atau adegan yang disetting. Film dokumenter sering disebut juga movie adalah gambaran hidup yang dihasilkan dari rekaman. Dalam film dokumenter berjudul The Golden Story of ISI menggambarkan bagaimana perjalanan sejarah ISI Denpasar yang diawali dari nama ASTI Jurusan Bali meningkat status menjadi STSI Denpasar dan hingga menjadi ISI Denpasar.

Eksistensi ISI Denpasar sebagai lembaga pendidikan tinggi seni di Bali berdiri dengan nama Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar, tanggal 28 Januari 1967 kisah perjalanan ISI Denpasar dari ASTI, STSI hingga menjadi ISI sudah melewati usia hampir 48 tahun. Selama perjalannya pula, sudah melewati beberapa pergantian pemimpin yaitu dari masa kepemimpinan Prof. Dr. Hc. I Wayan Merta Suteja, Prof. I Made Bandem, Prof. Dr. I Wayan Dibia, SST., MA, Prof. I Wayan Rai S., M.A., hingga kini dibawah pimpinan Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar., M.Hum. Kejayaan masa-masa kepemimpinan beliau tentu menorehkan sejarah dan perjuangan ISI Denpasar yang sangat bernilai. Untuk itu penulis merekonstruksi sejarah lahirnya ISI Denpasar berdasarkan hasil wawancara dari para pemimpin dengan menganaliai isi karya film dokumenter berjudul The Golden Story of ISI.

Kata Kunci: film dokumenter, The Golden Story of ISI, Sejarah, ISI Denpasar

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...