Iklan Layanan Masyarakat “JOGJA BERSIH” (Kajian Ikonografi)

Iklan Layanan Masyarakat “JOGJA BERSIH” (Kajian Ikonografi)

Kiriman : I Wayan Nuriarta (Dosen Ps. Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Denpasar)

Abstrak

Jenis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang digunakan untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di Jogja salah satunya menggunakan bentuk Poster. Poster sebagai media komunikasi dalam “JOGJA BERSIH” menghadirkan tokoh pewayangan. Pokok bahasan berikut dalam kaitannya dengan teori ikonografi Panofsky, membahas poster dalam ILM “Jogja Bersih” yang berhubungan dengan tekstual, konsep dan simbol yang dihadirkan dalam upaya mengajak masyarakat Jogja untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tahapan pra-ikonografi menguraikan secara deskriptif, sebagai kegiatan utama dari tahap pra-ikonografi. Poster yang dihadirkan dalam ILM program “Jogja Bersih” ini dibuat pada tahun 2005. Secara tekstual, menggambarkan manusia yang sedang berdiri tampak dari samping kanan. Tahapan Ikonografi mendeskripsikan suasana langit yang sudah sangat gelap dengan warna abu-abu hitam. Warna ini mencerminkan suasana yang sangat suram dan kotor, karena polusi yang telah terjadi. Langit sudah sangat tercemar oleh gas yang membahayakan. Begitu kerasnya polusi yang terjadi, pembuat ILM ini menghadirkan tokoh pewayangan Gatutkaca yang kecewa dengan lingkungannya saat ini. Tahapan terakhir adalah ikonologi, membahas Gatutkaca sebagai tokoh yang dikenal karena kekayaan ceritanya, dari kisah kelahiran hingga kematiannya pada epos Bharatayuda. Tokoh Gatutkaca dikenal sebagai kesatria yang tangguh, kesatria perkasa berotot kawat bertulang besi yang bisa terbang. Nilai-nilai tradisi yang dimilikinya sangat lekat dalam masyarakat sebagai sosok pahlawan lokal Indonesia pada umumnya dan Jogja khususnya.

Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Ikonografi, Gatutkaca

 Selengkapnya dapat unduh disini

No Comments Yet.

Leave a comment