Melihat Bali Melalui Poster See Bali

Jun 10, 2016 | Artikel

Kiriman : I Wayan Nuriarta (Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual)

Abstrak

See Bali yang berarti melihat Bali adalah poster yang di buat tahun 1939 oleh J. Korver. Poster ini digunakan sebagai media yang representatif dalam memperlihatkan budaya dan keindahan alam yang terdapat di Bali. Poster ini dibuat atas permintaan pemerintah kolonial Belanda dengan tujuan untuk memperlihatkan Bali yang eksotik dan dengan suasana alam yang indah kepada masyarakat luas, khususnya para orientalis di Eropa. Poster See Bali yang menunjukkan budaya dan keindahan Bali, berdampak pada citra Bali yang eskotik dan istimewa, yang tepat bagi orang Barat untuk mencari surga di Timur.

Pulau Bali menjadi berita di dunia Barat sebagai pulau yang indah, dengan penekanan khusus pada daya tarik sensualitasnya. Semua orang tahu bahwa gadis-gadis Bali bertubuh indah dan bahwa kehidupan penduduknya penuh dengan upacara yang menakjubkan. Gambaran kehidupan tentang wanita Bali dengan busana kemben dan bertelanjang dada, menjadi sangat menarik bagi dunia Barat.Tujuan Belanda melalui poster ini berhasil, terlihat dari poster yang ditampilkan telah mampu memperlihatkan citra tentang Bali yang didambakan oleh para wisatawan. Dampak poster tersebut dalam pariwisata adalah meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Bali.

Kata Kunci: Eksotik, Indah, Surga di Timur, Telanjang dada.

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...