Mengenal Memory Card

Mengenal Memory Card

Kiriman : Ni Kadek Ferry Aryanthi (Mahasiswa Jurusan Film Dan Televisi)

Abstract

Memory card salah satu piranti penting yang harus dimiliki fotografer dan videographer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan segala macam karya seni dalam bentuk digital. Dalam hal memilih memory card, masih banyak yang bingung dalam memilih media penyimpanan yang optimal untuk kamera DSLR ataupun camcorder lainnya. Hal ini disebabkan, karena banyaknya jenis memory card yang bermunculan dan beredar di pasaran.

Memory card merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital ( gambar, audio dan video) pada sebuah kamera digital, handphone, handycam, dan camcorder lainnya.

Jenis memory card ada 6, yaitu: SD card, SDHC, SDXC, CF card,  Memory Stick Duo, dan Multi Media Card ( MMC ). Untuk SD Card, SDHC, dan SDXC memiliki  kapasitas dan format file yang berbeda-beda. Untuk format file SD Card ( FAT16 ), SDHC (FAT32), dan SDXC ( exFAT ).

Selain jenisnya yang beragam, memory card juga memiliki kapasitas dan kecepatan yang berbeda-beda. Hal itu menyebabkan orang yang kurang mengetahui dan memiliki pengalaman di bidang tersebut merasa bingung pada saat membeli memory card. Hal itu sering membuat pembeli merasa dirugikan pada saat sudah membeli dan memakainya, karena tertipu oleh penjual saat membeli.

Kata Kunci : Memori Card, Camera, Video

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.