Motivasi Kreatif dalam Proses Pembelajaran Seni Tari

Motivasi Kreatif dalam Proses Pembelajaran Seni Tari

Kiriman : Siluh Made Astini dan Ni Wayan Iriyani (Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar)

Abstrak

            Berbicara tentang proses pembelajaran kreatif, tidak lepas dari strategi yang diterapkan. Beberapa dari guru tari baik yang mengajar di sekolah maupun di sanggar-sanggar tari mengatakan strategi yang diterapkan hanya sebatas memberikan tekhnik dasar tari dan hapalan gerak dari materi tari yang diajarkan. Pada hal masih ada beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh guru-guru tari untuk mengefektifkan proses pembelajaran tari. Seni tari yang menggunakan tubuh sebagai alat dan gerak medianya dapat menumbuhkan kreatifitas dan sensibilitas bagi siswa. Gerak yang terdapat pada setiap siswa adalah ekspresi dari pengalaman emosional mereka. Dengan demikian gerak tari yang dimaksud adalah gerak yang sudah mengalami stilisasi dan distorsi.Bandem (1971: 24) mengatakan tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak-gerak ritmis yang indah serta diikat oleh nilai-nilai kultural dan kelompok individu yang mendukungnya.

Kegiatan belajar mengajar dapat terjadi apabila siswa ada perhatian dan dorongan terhadap stimulus belajar. Untuk itu, maka guru harus berupaya menimbulkan dan mempertahankan perhatian dan dorongan siswa. Upaya memberikan perhatian dan dorongan belajar pada siswa dilakukan guru sebelum mengajar dimulai, pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar terutama pada saat siswa melakukan kegiatan belajar, saat-saat kondisi siswa mengalami kemunduran. Perhatian siswa terhadap stimulasi belajar dapat diwujudkan melalui beberapa upaya seperti penggunaan media pembelajaran, memberikan pertanyaan pada siswa, membuat variasi belajar pada siswa, melakukan pengulangan informasi yang berbeda sifatnya dengan cara sebelumnya, memberikan stimulus dalam bentuk lain sehingga siswa tidak bosan.

Kata kunci: Motivasi kreatif, Pembelajaran,Seni tari.

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.