PENCIPTAAN GENDING KEKEBYARAN ( ERA 1915-1960)

Dec 24, 2020 | 2020, Artikel

Kiriman : I Nyoman Kariasa (Dosen Jurusan Karawitan FSP ISI Denpasar) 

Abstrak

Gending-gending kekebyaran mewarnai kreativitas penciptaan musik gamelan dewasa ini. Perkembangan penciptaan tersebut tidak bisa lepas dari tonggak era 1915-1960-an. Gamelan gong kebyar yang lahir awal abad 20 tersebut berhasil mendominasi penciptaan musik gamelan dan bahkan mampu “menampung” segala jenis gaya musik gamelan lain yang ada sebelumnya. Bahkan dewasa ini Gong Kebyar mampu “mempengaruhi” ensamble-ensamble lain yang nota bena memiliki chiri chas tersendiri, hingga akhirnya  melahirkan gaya “kekebyaran”.

Dalam tulisan ini akan disampaikan kronologis penciptaan musik kekebyaran dalam gamelan Gong Kebyar yang menjadi tonggak-tonggak sejarah penciptaan yang tersebar luas di masyarakat. Adapun tonggak-tonggak tersebut dibagi dalam beberapa era yang memiliki genre dan konsep estetika dipandang dari jenis, bentuk dan gaya musiknya. Dalam penulisan kronologis ini, akan dibahas era atau  tahun-tahun penting  yang terjadi penciptaan gending kekebyaran yang menumental dan banyak menginspirasi pada penciptaan era berikutnya. Era-era  tersebut disamping membicarakan karya-karya menumental, juga disampaikan sekilas tentang seniman penciptanya.

Kata Kunci : Penciptaan, Era, Gong Kebyar. 

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...