Pentingkah Tata Rias Wajah Di Sebuah Film Dan Televisi?

Pentingkah Tata Rias Wajah Di Sebuah Film Dan Televisi?

Kiriman : Rai Dwi Purnama Dewi (Mahasiswa Jurusan Film dan TV)

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pemahaman tentang pentingnya tata rias dalam sebuah film dan televisi untuk mendukung suksesnya sebuah produksi, yang bergelut di bidang tata rias maupun yang ingin terjun di dunia tata rias khususnya wajah . Sebelum aktor atau aktris yang akan beradu akting atau adegan sangat penting di rias terlebih dahulu. Apakah itu tata rias? Tata rias secara umum dapat diartikan sebagai salah satu ilmu yang mempelajari seni merias wajah untuk menampilkan kecantikan sendiri atau orang lain menggunakan kosmetik yang dapat menutupi dan menyamarkan kekurangan-kekurangan pada wajah dan alat-alat pada wajah serta teknik-teknik merias wajah itu sendiri. Tata rias wajah adalah seni menggunakan bahan-bahan kosmetik untuk mewujudkan wajah peranan. Tata rias wajah sangat penting. Orang yang mengerjakan tata rias disebut penata rias. Tugas seorang penata rias adalah memberi bantuan dengan jalan memberi dandanan atau perubahan-perubahan pada para pemain hingga terbentuk dunia panggung atau film maupun televisi dengan suasana yang kena dan wajar. Penata rias boleh seorang pria, boleh juga seorang wanita. Karena, yang dilihat adalah keahliannya dalam bidang tata rias. Seorang penata rias haruslah memiliki rasa seni yang tinggi. Selain harus memiliki rasa seni, penata rias harus terampil dan cekatan.  Tata rias di dalam film maupun televisi tidak jauh beda dengan tata rias di atas panggung. Karena, sama-sama memiliki fungsi yaitu ditujukan untuk membentuk artistik yang mendukung pemeran dalam sebuah lakon/adegan. Rias wajah televisi termasuk rias wajah film, hanya disini kamera perekamnya adalah kamera elektronik (sinematron). Rias wajah di film dan televisi digolongkan menjadi 3, yaitu : Rias wajah cantik, rias wajah karakter dan rias wajah smink.

Kata Kunci : Tata rias wajah, Film dan Televisi  

PENDAHULUAN

Di zaman modern ini, film merupakan salah satu hiburan yang saat ini masih ditunggu dan dikagumi oleh masyarakat. Tayangan yang pertama kali di tayangkan di tempat tertentu seperti bioskop, sangat dinanti masyarakat yang memang mencintai film. Lain halnya dengan tayangan televisi, masyarakat tidak perlu pergi ke bioskop untuk menonton sinema atau hiburan yang mereka inginkan, hanya dengan memiliki televisi mereka telah ditunjukan dengan tontonan yang banyak. Tapi taukah anda, sebelum membuat film langkah awal yang harus ditentukan adalah membuat cerita dan menentukan tujuan pembuatan film itu sendiri. Apakah sebagai hiburan, untuk mengangkat fenomena, sebagai pembelajaran dan pendidikan, ataukah hanya untuk menyampaikan moral tertentu, agar nantinya pembuatan film harus terfokus, sesuai dan terarah. Dibalik kemegahan dan keseruan film terdapat orang-orang dibelakang dan didepan layar/frame yang terus bekerja untuk membuat film menjadi layak untuk ditonton dan dipasarkan ke masyarakat. Orang-orang tersebut adalah para kru di lapangan maupun di luar lapangan, yakni produser, sutradara, penulis naskah, pemegang kamera, tata artistik, pengarah lampu, hingga pada pembantu umum. Salah satu dari kru film yang kali ini akan dibahas yakni Penata rias yaitu wajah, untuk proses film atau televisi itu sendiri.

PEMBAHASAN

Tata rias wajah adalah seni menggunakan bahan-bahan kosmetik untuk mewujudkan wajah peranan (Harymawan,1988:134). Tugas seorang penata rias adalah member bantuan dengan jalan memberi dandanan atau perubahan-perubahan pada para pemain hingga terbentuk dunia panggung sandiwara suasana yang kena dan wajar.

Tata rias dapat dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu tata rias wajah dasar dan tata rias wajah khusus. Tata rias wajah dasar mencakup tata rias wajah untuk pagi hari, tata rias wajah untuk sore hari dan tata rias wajah untuk malam hari (Asi Tritanti, 2007:1). Tata rias wajah film digolongkan menjadi 3, yaitu :

  1. Rias wajah cantik : menyempurnakan kecantikan si pemain film
  2. Rias wajah karakter : dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penjiwaan karakter tokoh yang diperankan, tanpa harus mengubah total
  3. Rias wajah smink : menciptakan imajinasi baru pada tokoh.

Tata rias berfungsi untuk menampilkan dimensi wajah pemain dan menegaskan garis-garis wajah karakter, sehingga saat berekspresi muncul efek gerak yang tegas dan dapat di tangkap oleh kamera. Seorang penata rias harus mencermati gerak ekspresi wajah untuk menentukan garis yang akan dibuat.

1

yimg.com

Seperti gambar diatas, seorang pemuda tampan dirias dengan teknik tata rias wajah smink. Karena menciptakan imajinasi baru. Seorang penata rias membuat riasannya juga tetap berpacu pada naskah yang sutradara inginkan. Apakah itu berkarakter seram seperti monster dan lain sebagainya, penata rias harus tetap cekatan dan kreatif mewujudkan tata rias yang keren demi kelangsungan produksi film dan jika di televisi sama saja, tak jauh beda. Bedanya hanya pada budget yang di siapkan apakah dengan budget yang besar atau yang seadanya semua bisa di bicarakan antar tim produksi.

Anda berkomitmen untuk seni tata rias untuk film dan televisi. Anda terobsesi dengan aspek kerajinan tangan. Proses kreatif anda dimulai dengan naskah dan dimana orang lain mungkin hanya melihat monster atau ratu kecantikan, tatapan artis dan desain detail akan berujung pada eksekusi teliti yang membuat anda dipekerjakan lagi dan lagi. Bekerja dengan professional gairah lain yang menghargai visi tunggal dan dedikasi untuk penonton, maka anda seorang penata rias atau Makeup artist.

Tak hanya di film, produksi televisi juga sama tugasnya. Penata rias televisi termasuk rias wajah film, hanya disini kamera perekamnya adalah kamera elektronik (sinematron). Karena itu prinsip dasarnya juga tidak jauh berbeda dengan rias wajah panggung,fantasi disini lebih spesifik diperhitungkan ketajaman gambar kurang baik disbanding dengan yang diberikan di film. Tata rias dibuat agak mendekati tata rias panggung, yaitu agak tebal dan sedikit kontras. Tetapi perlu juga diperhitungkan pengaruh lampu sorot yang dapat mempengaruhi warna.

Dari beberapa pemaparan dan penjelasan tentang tata rias wajah, bisa di jawab judul artikel yang dimaksud , pentingkah tata rias wajah di sebuah film dan televisi ? yaitu sangat penting. Karena dalam sebuah produksi harus berpacu pada Mise En Scene yaitu pengadeganan. Yang berupa setting, makeup atau wardrobe, lighting dan ekspresi atau gestur. Yang menjadi satu kesatuan dan memang harus menjadi kesatuan. Karena pada dasarnya, artis/actor tidak akan bisa sempurna jika belum di makeup. Maka dari itu, tata rias wajah sangat penting untuk produksi yang baik.

DAFTAR RUJUKAN

http://www.geocities.ws/kurcantik204/Wajah_Film_bel1a.pdf,16/6/2015

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab1/2012-1-00390-mc%201.pdf,15/6/2015  

http://dilihatya.com/2397/pengertian-televisi-menurut-para-ahli,15/6/2015

jhttp://tp.ac.id/dokumen/karakter/+wajah+dalam+teater, 15/6/2015

https://vfs.edu/programs/makeup,15/6/2015

Comments are closed.