Perkembangan Tabuh Kreasi Kekebyaran Dewasa Ini

Perkembangan Tabuh Kreasi Kekebyaran Dewasa Ini

Oleh: I Nyoman Windha

Pergelaran Gong KebyarSeni karawitan atau seni tabuh sebagai salah satu warisan seni budaya masa silam senantiasa mengalami proses pembaharuan atau modernisasi yang ditandai dengan masuknya gagasan-gagasan baru yang bersifat inovatif. Modernisasii seperti ini merupakan wujud dari suatu proses perubahan yang diupayakan untuk mencapai keadaan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat modern. Perubahan tersebut tidak hanya sekedar berubah, namun disesuaikan dengan tatanan nilai hidup masyarakat pada jamannya.

Kreativitas, itulah modal utamanya, karena dengan modal kreativitas yang dimiliki setiap generasi berupaya untuk mengaktualisasikan dan memberikan sentuhan baru pada kesenian yang mereka miliki. Khususnya para seniman yang secara sadar, kreatif, dan selektif selalu berusaha memberikan gagasan-gagasan baru sebagai angin segar yang mampu mendorong bangkitnya kesenian masa lampau dengan maksud untuk dapat diwariskan kepada generasi berikut dan mendekatkan kesenian tersebut sesuai dengan perkembangan masyarakatnya.

Kegelisahan seniman di dalam upayanya  menyikapi kesenian tradisi telah membuahkan hasil. Ini terbukti dari berbagai bentuk karya-karya “Kreasi Kekebyaran” atau lazim disebuat “Tabuh Kreasi  Baru”  telah mampu digelar dalam berbagai peristiwa budaya yang cukup bergengsi. Puluhan hasil karya baru diajang Pesta Kesenian Bali telah mampu disajikan. Akan tetapi hasil-hasil karya mereka tak ubahnya sebagai “oplah koran” yang diproduksi secara terus menerus akan tetapi setelah dibaca dilewatkan begitu saja tanpa ada yang mempedulikan lagi keberadaannya.

Begitu jualah kondisi hasil kreativitas seniman-seniman besar kita. Mereka selalu menambah perbendaharaan khasanah seni budaya kita, mereka selalu dituntut untuk berkarya dan berkarya namun tanpa pernah ada usaha untuk mengkaji, menganalisa, mendiskusikan, untuk menguak tabir dibalik karya, atau bahkan mendokumentasikannya. Karya-karya tersebut seolah-olah hanya menjadi wacana pada even kapan karya tersebut diciptakan dan dipertunjukan kemudian setelah itu selesai “titik”. Masyarakat awam (karena mendengar atau sebagai hasil apresiassinya) tahunya hanya karya Si A bagus, karya Si B lumayan , karya Si C jelek  dan sebagainya. Akan tetapi mereka tidak pernah mendapatkan informasi  kenapa karya itu bagus dan mengapa karya yang lainnya jelek, dan bagaimana mereka membuat karya sehingga dapat dikatakan bagus sehingga hasil karya itu memang secara tekstual sungguh-sungguh diyakini kualitasnya baik oleh pandangan masyarakat umum maupun masyarakat akademis..

Tabuh Kreasi Kekebyaran yang mungkin bisa didifinisikan sebagai Tabuh Kreasi Baru yang mempergunakan media ungkap gamelan gong kebyar yang merupakan salah satu barungan gamelan Bali yang dewasa ini paling popular. Popularitas kebyar tidak hanya teramati dari segi banyaknya jumblah barungan yang ada, tetapi juga banyak muncul lagu-lagu atau komposisi baru yang menggunakan alat barungan gong kebyar. Sebagai jenis gamelan golongan baru  kebyar hampir dapat dikatakan telah menguasai dunia seni gamelan Bali. Fleksibelitasnya dalam mengadopsi atau menyerap nuansa dari musik daerah  lain, kemudian diolah disesuaikan dengan dengan nuansa kebyar merupakan salah satu sifatnya yang khas. Atas dasar inilah gamelan kebyar megalami perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan tersebut dapat dilihat  tidak saja dari elemen-elemen musik seperti: melodi, tempo, dinamika, ornamentasi atau hiasan yang begitu komkpleks, namun perkembangan dari bentuk, penampilan dan tata penyajian betul-betul dipertimbangkan secara matang.

Berdasarkan fenomena-fenomena diatas penulis ingin mencoba untuk mengulasnya lebih jauh. Ulasan nanti mungkin akan lebih banyak dipengartuhi oleh pengalaman penulis sebagai seorang komposer dan juga melalui pengamatan penulis terhadap  karya-karya sejak lima tahun terakhir ini.

Kejelian para komposer didalam menyiasati tabuh kreasi kekebyaran dewasa ini betul-betul luar biasa, hal ini terbukti dengan karya-kara yang mereka hasilkan betul-betul variatif, baik  dari ide, tehnik , penampilan, seting alat dan yang paling signifikan adalah pengolahan element-elemen musiknya (element of music).

Comments are closed.