Pola – Pola Kendang Gupekan Gaya I Putu Sumiasa

Pola – Pola Kendang Gupekan Gaya I Putu Sumiasa

Kiriman : I Ketut Pany Ryandhi (Mahasiswa Karawitan FSP ISI Denpasar)

ABSTRAK

Permainan Kendang Tunggal merupakan sebuah permainan instrumen yang menekankan keahlian yang bersifat individualistis. Di Bali, orang yang biasa bermain instrumen kendang mereka disebut dengan juru kendang ataupun tukang kendang. Seorang juru kendang dikatakan memiliki virtuositas yang tinggi apabila dalam diri mereka terdapat jiwa memimpin. Memimpin dalam konteks reportoir, memberi aksentuasi dan juga seseorang yang merespon setiap gerakan penari. Seorang juru kendang dikatakan memiliki skill yang tinggi apabila mereka mampu membunyikan setiap timbre dalam kendang dengan seakurat maupun sejernih mungkin. Disamping itu, sebagai seorang juru kendang, variasi jalinan “kata-kata” ataupun warna suara pada kendang yang dimainkan secara bebas (representasi individu) dan penuh perhitungan merupakan salah satu syarat seorang juru kendang dikatakan berhasil, terampil, wayah (matang, mantap)

Variasi pola-pola, rasa musikal yang baik, refleksitas spontan (respon keadaan) yang dimiliki oleh seorang juru kendang mengindikasikan kemapanan seorang juru kendang saat bermain kendang tunggal. Pola-pola yang dimaksud perlu dibicarakan secara edukatif mengingat perkembangan permainan kendang tunggal dewasa ini menjadi sebuah trend kompetisi untuk mendapatkan legitimasi berupa penghargaan. Dengan kata lain, pola-pola yang diterapkan hendaknya diidentifikasi dengan menerapkan sistem grade yaitu menjabarkan unsur-unsur yang membentuk pupuh sehingga lebih memudahkan bagaimana sebenarnya cara kerja seorang seniman (seniman alam) dalam mengaplikasikan ilmu alamnya.

I Putu Sumiasa adalah seorang juru kendang sekaha Gong Bandha Sawitra Desa Kedis, Buleleng. Kepiawaiannya dalam bermain kendang tunggal kakebyaran membuat penulis tertarik untuk menganalisis pola kakendangan tunggal beliau, berdasarkan pada pola kakendangan yaitu pada bagian pengipuk Trunajaya.

Kata kunci : Pola, Kendang Gupekan, I Putu Sumiasa

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.