TINJAUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SAMPUL MAJALAH TEMPO EDISI 16-22 MARET 2020

TINJAUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SAMPUL MAJALAH TEMPO EDISI 16-22 MARET 2020

Kiriman : I Wayan Nuriarta (Dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar)

ABSTRAK

Sampul majalah Tempo edisi 16-22 Maret 2020 menjadi penting untuk ditinjau dari perspektif desain komunikasi visual karena sampul majalah ini memanfaatkan elemen-elemen komunikasi visual (ilustrasi, tipografi, layout, warna) dalam menyampaikan pesan secara simbolik. Edisi 16-22 Maret 2020 dipilih karena menjadi salah satu terbitan yang membahas tentang persoalan global yang melanda masyarakat dunia, yaitu peristiwa pandemik Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau Covid-19 yang kemudian disebut sebagai Virus Corona. Kehadiran sampul majalah Tempo pada edisi 16-22 Maret 2020 bermakna bahwa Covid-19 adalah virus besar yang melanda semua Negara di dunia termasuk Indonesia. Penanganan atau solusi pemecahan masalah terhadap penularan virus tersebut tidak bisa hanya diselesaikan oleh seorang kepala Negara saja. Kehadiran dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus matarantai perkembangan virus corona. Sampul majalah ini ingin menyampaikan berita dengan data-data di lapangan untuk mengetahui lebih jauh perkembangan permasalahan Corona. Disisi lain, ilustrasi sampul majalah ini juga mengajak masyarakat agar terus waspada, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan dan mengikuti arahan pemerintah dalam upaca pencegahan penularan virus Corona.

Kata Kunci: Tinjauan Desain, Tanda dan Makna, Virus Corona, Majalah TEMPO

Selengkapnya dapat unduh disini

Comments are closed.