Wisata Edukasi Ekonomi Berbasis Seni Pertunjukan Tradisional Bali

Aug 17, 2016 | Artikel

Kiriman : Kadek Suartaya (Dosen Karawitan FSP ISI Denpasar)

Abstrak

Seni pertunjukan tradisional Bali memiliki potensi besar sebagai wahana wisata edukasi-ekonomi dalam kancah industri kepariwisataan Bali. Sepanjang  dikelola, dikemas, dan digarap secara serius, seni pertunjukan tradisional Bali adalah modal ekonomi kreatif yang berspektif cerah bagi kesejahteraan masyarakat. Seni tari, seni gamelan, dan seni pewayangan adalah nilai estetik dari kearifan lokal masyarakat Bali yang memiliki keunikan dan pesona tersendiri di mata wisatawan bila dikemas sebagai wisata edukasi-ekonomi.  Melalui model wisata ini, para wisatawan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran serta merasakan dan mengaparesiasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam seni pertunjukan tradisional Bali.

Kata kunci: Seni, wisata, ekonomi

            Titik tolak tulisan ini dielaborasi dari dua persoalan yaitu kepariwisataan dan seni pertunjukan tradisional Bali. Berbicara mengenai kepariwisataan berarti didalamnya kita bersinggungan erat dengan ekonomi, sebab kegiatan ini pada dasarnya merupakan bentuk globalisasi yang dikelola dengan semangat kapitalistik.  Di tengah kepariwisataan Bali tak bisa diabaikan kontribusi kesenian dan yang paling menonjol adalah seni pertunjukan tradisional Bali, bahkan seni tari dan seni gamelan misalnya, menjadi perintis ketertarikan turis mancanegara untuk mengunjungi pulau Bali. Hingga sekarang pun, sajian seni pertunjukan tradisional menjadi andalan Bali mempesona wisatawan.

Selengkapnya dapat unduh disini

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...