Deformasi Bentuk Anjing Dalam Berkarya Seni Lukis

Deformasi Bentuk Anjing Dalam Berkarya Seni Lukis

Anjing menjadi dasar pencipta di dalam berkarya seni lukis, ide yang menarik didapat dari obyek anjing, dari segi tingkah lakunya maupun kehiduannya yang dilihat pada lingkungan sekitar pencipta, digunakan sebagai obyek visual yang dilihat secara langsung sebagai sumber inspirasi dari proses kreativitas pencipta. Dimana obyek anjing diolah sebagai sumber ide dalam penciptaan karya seni lukis.

Karya yang diwujudkan yaitu tentang kehidupan anjing untuk dijadikan simbol dalam karya seni lukis. Didalam visualnya menggunakan berbagai unsur-unsur seni rupa seperti garis, bentuk, warna, ruang atau bidang dan tekstur. Menggabungkan unsur-unsur estetika seperti pusat perhatian, irama, komposisi, keseimbangan dan proporsi, yang nantinya akan menghasilkan obyek anjing dengan dikerjakan menggunakan teknik campuran antara akrilik dan kolase. Anjing yang diungkapkan tidak seperti bentuk aslinya, tetapi sudah di deformasi menurut pengolahan bentuk dengan ide pencipta dengan menggunakan tekstur nyata.

Anjing yang pencipta ingin sampaikan di dalam karya seni lukis ialah kehidupan anjing liar untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat anjing adalah bintang yang setia pada tuannya, anjing adalah sahabat bagi manusia anjing memiliki banyak peranan bagi manusia dan tidak bisa dipungkiri anjing memiliki memberikan keuntungan bagi manusia, dari itulah pencipta mendapatkan inspirasi untuk berkarya seni lukis.

Kata Kunci : Anjing inspirasi dalam berkarya.

  

Comments are closed.