38 Mahasiswa FSRD ISI Denpasar Gelar pameran Tugas Akhir

38 Mahasiswa FSRD ISI Denpasar Gelar pameran Tugas Akhir

Denpasar- Tiga puluh delapan mahasiswa Tugas Akhir (TA) Tahun ajaran semester ganjil 2008/2009, Fakultas Seni Rupa dan Desain menggelar pameran Tugas Akhir yaitu dari hari Rabu 28 Januari sampai 2 Februari 2009. Pameran dilangsungkan di Gedung Pameran ISI Denpasar (Kriya Hasta Mandala) jalan Nusa Indah. Pameran ini sebagai pertanggung jawaban akademik sebelum menempuh ujian komprehensif pada tanggal 4-7 Februari 2009 mendatang. Peserta Pameran terdiri dari jurusan Desain Interior dua orang, Desain Komunikasi Visual (DKV) tiga belas orang, jurusan kriya tiga orang dan jurusan seni rupa murni (prodi lukis) lima belas orang dan prodi patung lima orang. Pameran dibuka oleh Pj. Rektor ISI Denpasar (Prof. Dr. I Wayan Rai S.,MA) yang dihadiri oleh para pembantu Rektor, Dekan, para staf Pegawai dan Dosen dari dua Fakultas yang ada di ISI Denpasar, dan juga dihadiri oleh mahasiswa peserta TA juga mahasiswa ISI lainnya.

Pameran Karya Tugas Akhir ini merupakan kegiatan akadenik rutin, sebagai ajang pemer kreativitas mahasiswa sebelum mahasiswa mempertanggungjawabkan konsep karyannya secara komprehensif di depan dosen penguji, terlebih dahulu masyarakat diberikan kesempatan mengapresiasi hasil proses belajar yang mereka tempuh selama empat tahun. Karya-karya yang mereka tampilkan pada pameran tahun ini banyak yang mengeksplorasi tema yang menyentuh kehidupan masyarakat itu sendiri dari dari berbagai lapisan golongan pekerjaan, terutama terhadap keadaan sosial masyarakat Indonesia saat ini.

“ Mahasiswa TA tahun ini mengeksplorasi tubuh perempuan, fenomena sosial, tradisi dan budaya dengan penciptaan karya dengan aliran lukis realis, figuratif, abstrak ekspresionis dan seni instalasi yang berjudul “Tanah Airmata” kaarya mahasiswa lukis Putu Edy Asmara P yang cukup menarik perhatian pada saat pembukaan. Edy menginjak-injak pecahan-pecahan kaca yang menjadi bagian dari karya seninya sambil bermonolog , yang di latar belakangi oleh lagu padamu negeri yang cukup menyayat hati. Edy menggambarkan banyaknya kekerasan yang terjadi di dunia awal tahun 2009 ini. Penampilannya cukup membuat suasana acara pembukaan menjadi semarak. Eksplorasi mahasiswa patung mengambil tema figuratif manusia dengan media batu, kayu dan fiberglass yang tampil dengan estetis. Mahasiswa Jurusan Desain interior mngangkat kasus Showroom sebagai obyek perancangannya, yang terkesan dinamis dan kontemporer. DKV mengambil tema layanan masyarakat dan produk komersial, dengan sentuhan teknologi komputer” kata Drs. I Gede Mugi Raharja, MSn selaku ketua panitia da pj. PD I FSRD. Keseluruhan karya yang ditampilkan dalam pameran karya kali ini mengalami peningkatan kualitas dengan munculnya tema-tema yang aplikatif sehingga hasil karya ini dapat diserap oleh dunia usaha pada umumnya,”harap Dra. Ni Made Rinu, Msi, selaku pj. Dekan FSRD.

Melalui kegiatan pameran ini, sambungnya diharapkan menjadi daya tarik dan warna tersendiri dari kampus seni satu-satunya di Bali. “Semoga saja mahasiswa yang berpameran kali ini dapat mempertanggungjawabkan karyanya secara akademis dan mampu bersaing di dunia pasar kerja nantinya” imbuhnya. Pj Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA Menyambut positif kegiatan pameran ini dikarenakan tahun 2009 ini merupakan tahun kreatif dan kompetitif di segala hal, jadi diharapkan mahasiswa yang sedang TA ini diharapkan menjaga kreativitasdan profesionalitasnya ketika memasuki dunia kerja kelak.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.