43 Mahasiswa Gelar Pameran Bersama

43 Mahasiswa Gelar Pameran Bersama

Sebanyak 43 mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar pameran bersama atas karya terbaik mereka di Galeri Sika, Ubud, Kabupaten Gianyar, selama dua pekan, 18 Januari hingga 1 Pebruari 2011.

"Pameran bersama mahasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 tersebut merupakan tugas akhir sekaligus persyaratan untuk meraih gelar sarjana seni (S-1)," kata Dekan FSRD ISI Denpasar Dra Ni Made Rinu MSi saat mendampingi Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S bertemu pers di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, pameran yang mengusung tema lingkungan dengan landasan seni budaya Bali itu, merupakan pertanggungjawaban akademik mahasiswa ISI setelah nantinya menempuh ujian komprehensip, 24-28 Januari 2011.

Mereka yang berpameran terdiri atas 12 mahasiswa jurusan seni rupa murni, sembilan orang peminat lukis dan tiga orang peminat patung, dua jurusan kriya dan dua orang kriya kayu.

Selain itu juga dari jurusan desain interior sembilan orang, desain komunikasi visual (DKV) 19 orang dan program studi fotografi seorang.

Ni Made Rinu yang juga didampingi ketua panitia kegiatan tersebut Drs Olih Solihat Karso MSn dan Ketua Jurusan Desain Prof Dr Drs I Nyoman Artayasa MKes menambahkan, pameran merupakan kegiatan akademik sebagai ajang pameran kreativitas mahasiswa yang memiliki nilai sangat spesifik.

Karya-karya yang ditampilkan sesuai perkembangan estetika sebagai sebuah ilmu keindahan yang selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman yang terefleksi dalam gaya hidup serta terkolaborasi dengan budaya dan lingkungannya.

Melalui pameran tersebut diharapkan mampu membawa kiprah dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan wacana, evaluasi dan apresiasi seni terhadap masyarakat.

Hal penting lainnya mampu sebagai wahana penjelajahan mahasiswa dalam mengembangkan bakat alamiah yang kemudian berproses maju dan berkelanjutan.

Selain itu mampu membangun dialog apresiatif serta mampu mengangkat kesadaran budaya bagi para seniman, pencinta seni dan masyarakat secara keseluruhan, ujar Ni Made Rinu.

Humas ISI Denpasar Melaprkan

Comments are closed.