6 Orang Mahasiswa ISI Denpasar Berangkat ke Surabaya Mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

6 Orang Mahasiswa ISI Denpasar Berangkat ke Surabaya Mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Olala

Rektor ISI Denpasar tampak sedang berfoto dengan PR III, Dosen Pembimbing dan Mahasiswa peserta lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional

(Denpasar-Humasisi)Usaha mewujudkan visi go international tidak lelah-lelahnya dilakukan oleh ISI Denpasar. Tentu untuk mewujudkan hal itu diperlukan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, sebagai bekal untuk pergaulan internasional. Setelah dibukanya kursus Bahasa Inggris secara gratis untuk mahasiswa dan diadakannya Lomba Bahasa Inggris pas Dies Natalis VI yang baru lalu, usaha peningkatan kemampuan Bahasa inggris terus ditingkatkan. Salah satu usahanya adalah dengan mengikuti Lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Nasional yang digagas oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) Depdiknas di Graha Widya Bhakti STESIA Surabaya. Lomba itu berjudul National University English Debating Contest Championship dan ISI Denpasar merupakan salah satu peserta dari 85 Perguruan tinggi Nasional dan Kopertis se-Indonesia. ISI Denpasar memberangkatkan 6 orang mahasiswa, Dosen Pembimbing 3 orang dan Pembantu Rektor III.

Mahasiswa–mahasiswa yang dikirim adalah Kadek Karina Kurniawan, Ni Ketut Septiariawati, Bagus Andrianto Setiawan, Anak Agung Ngurah Gede Dhamata Amitaba, Sheilda Ima Ryandini dan Anak Agung Gede Agung Yudha Palguna S, yang kesemuanya berasal dari FSRD ISI Denpasar. Menurut Salah Satu dosen Pembimbing Ni Ketut Dewi Yulianti, SS, M.Hum mahasiswa yang dikirim ini merupakan hasil pemenang lomba debat Bahasa Inggris yang diselenggarakan Dies Natalis VI yang lalu. Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan rutin para pengajar Bahasa inggris di ISI Denpasar atas sokongan dari Pembantu Rektor III.

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA menyambut gembira dan merasa bangga atas keberangkatan mahasiswa ini. ISI Denpasar yang notabene adalah institusi seni namun mampu mengikuti lomba bahasa Inggris itu merupakan prestasi yang membanggakan. Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan mahahiswa dalam penguasan bahasa asing  yang nantinya berguna bagi mahaiswa ke depan. Ini adalah salah satu modal positif untuk ISI Denpasar dan mahasiswa pada khususnya untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya baik sesuai dengan disiplin ilmunya maupun kemampuan bahasa inggris yang merupakan modal kita dalam pergaulan internasional. Sementara itu Pembantu Rektor III ISI Denpasar Drs. I Made Subrata, MSi mengatakan kegiatan ini memberikan pengalaman dan membuka wawasan mahasiswa tentang kemampuan bahasa inggrisnya di tingkat Nasional. Untuk menjaga kontinuitas dari kegiatan maka Subrata sebagai PR III selalu mendorong untuk menyaring bakat-bakat mahasiswa  dalam bahasa Inggris lewat ajang Lomba debat bahasa Inggris pas Dies Natalis.

Osella

Dari kiri ke kanan (Rektor ISI Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA, Prof. Gert Motensen, Ms. Jia Jia Qiao, PR IV I Wayan Suweca, SS.Kar, M.Mus)

Pada lain kesempatan dalam hubungan dengan mewujudkan visi ISI Denpasar untuk go International, ISI Kedatangan Tamu dari Det Kgl. Danske Musikkonservatorium/The Royal Danish Academy of Music Prof. Gert Mortensen dan Ms. Jia Jia Qiao dari Central Conservatory of Music in Beijing. Kedatangan kedua profesor ini  mengundang ISI Denpasar untuk konser Kolaborasi di Denmark pada 4 Februari 2010 dengan biaya yang ditanggung oleh pihak Denmark. Prof. Gert akan memboyong 24 penabuh gamelan dan penari dari ISI Denpasar uantuk suatu pagelaran konser besar di Denmark. Ini merupakan salah satu usaha untuk melebarkan networking ISI Denpasar di dunia internasional dan sekaligus bukti pengakuan Dunia internasional atas kemampuan ISI Denpasar dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian Bali.

Comments are closed.