Alur Perkembangan Kebudayaan Bali III

Alur Perkembangan Kebudayaan Bali III

Oleh: Hendra Santosa, Dosen PS Seni Karawitan ISI Denpasar

3. P’oli dari Berita-berita Cina

a.  Berita-berita Cina Tentang Bali

Menurut berita-berita Cina, pulau Bali dikenal dengan nama P’oli. Walaupun ada beberapa perdebatan mengenai letak P’oli. Sebagian ahli sejarah menganggap bahwa P’oli adalah Aceh karena disana ada kerajaan Dalem Puri, Kedua menganggap P’oli adalah Kalimantan karena lebar pulau yang disebutkan tidak sebanding dengan Bali, serta di Kalimantan ada kerajaan Puni. Penulis menganggap bahwa P’oli itu sama dengan Bali menurut letaknya di sebelah timur Jawa dan hingga saat ini untuk menyebut tempat tinggal para raja dinamakan dengan puri.

Menurut berita Cina, P’oli adalah sebuah pulau yang berada di sebelah tenggara Kanton, dengan rajanya Kaundinya (seorang mahaguru). Pada abad III raja Champa bernama Houn Tien (Kaundinya) sebagai raja pertama dari negeri itu yang mengirim utusan dagang. Keluarga Kaundinya itu terkenal sebagai Saila Raja atau dalam bahasa Cinanya sebagai Fu-nan. Mungkin sekali keluarga Raja ini yang memerintah di P’oli.

Pada abad V, Bali telah mendapat pengaruh agama Budha. O.W. Wolters mengungkapkan seperti yang diuraikan dalam cerita tambo dari dinasti Chi Selatan (479-502), disebutkan tentang kapal-kapal dari Kun-lun yaitu sebutan bagi orang-orang Indonesia, bahwa tidak semua utusan-utusan yang datang ke Cina itu berkaitan dengan perdagangan saja. Pada tahun 430 Masehi telah datang utusan dari negeri Tan-tan dan P’oli yang menyampaikan surat-surat berisi pujian terhadap kaisar karena jasanya dalam penyebaran agama Budha.

Alur Perkembangan Kebudayaan Bali III selengkapnya

Comments are closed.