Animasi Dan CD Interaktif Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar

Animasi Dan CD Interaktif Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar

Kiriman: Gd Lingga Ananta Kusuma Putra, SSn., Alumni PS. DKV ISI Denpasar

Animasi

Penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media animasi banner yang digunakan sebagai salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar.

Unsur Visual Desain

1. Bentuk Fisik

Animasi ini hasil file jadinya berformat AVI dan disimpan dalam CD-R.

2. Ilustrasi

Ilustrasi yang digunakan adalah karakter seorang murid SD Saraswati 2 Denpasar yang perannya sebagai guide memperkenalkan semua informasi yang ada di SD ini, ada juga beberapa karakter tambahan yaitu teman-temannya, guru, seorang anak dan orang tua murid. Jenis karakter yang digunakan adalah bentuk manga,

3. Teks

Pada media animasi ini, menggunakan teks selain nama SD Saraswati 2 Denpasar sendiri, ada juga syarat dan tempat pendaftaran untuk bersekolah di SD ini.

4. Huruf / Typografi

Menggunakan 1 jenis huruf, yaitu Times New Roman. Huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca. Keseluruhan jenis typografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis.

5. Warna

Dalam perancangan animasi ini, menggunakan warna merah dan putih pada baju setiap murid SD Saraswatinya, Abu dan hitam pada baju guru, biru, putih, hitam pada orang tua dan anak.

6. Format

Dalam pembuatan media ini hasil akhirnya akan disimpan dalam format AVI.

Kreatif Desain

Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain tas ini, dibuat 3 alternatif desain.

Desain tas ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dan ilustrasi dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa slogan promosi yang singkat, jelas dan informatif. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)

 CD Interaktif

Pada sub ini penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media CD Interaktif yang merupakan salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar.

Unsur Visual Desain

1. Bentuk File

Bentuk File dari CD Interaktif ini adalah AVI, dan disimpan dalam bentuk CD-R.

2. Ilustrasi

Dalam perancangan media CD Interaktif ini menggunakan ilustrasi karakter yang berbentuk seorang anak SD Saraswati 2 Denpasar.

3. Teks

Pada media CD Interaktif ini, menggunakan teks berupa tombol navigasi visi dan misi, fasilitas, pengajar, ekstrakurikuler, prestasi dan penutup. Dan masing-masing navigasi memiliki teks yang berisi mengenai informasi yang berhubungan dengan SD Saraswati 2 Denpasar.

4. Huruf / Typografi

Menggunakan jenis huruf, yaitu Times New Roman. Huruf jenis ini digunakan karena bentuknya yang simpel/sederhana juga mudah dibaca.

5. Warna

Dalam perancangan pin ini menggunakan warna sebagai berikut :

- Untuk warna background menggunakan warna putih.

- Untuk ilustrasi karakter menggunakan warna merah dan putih pada pada bajunya dan kulitnya serta hitam pada rambut.

- Tulisan pada tombol navigasi didominan warna gelap seperti abu-abu dan hitam.

6. Format

Perancangan media CD Interaktif ini, hasil akhirnya akan berformat SWF dan disimpan dalam bentuk CD-R

7.Teknik

Untuk mewujudkan media ini menggunakan teknik burning CD.

Kreatif Desain

Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain sampul CD Interaktif ini, dibuat 3 alternatif desain.

Desain CD Interakti ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”.

Animasi Dan CD Interaktif Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar, Selengkapnya

Comments are closed.