Awali Tahun Baru Dengan ”Ngayah”

Awali Tahun Baru Dengan ”Ngayah”

Salam “Om Swastiastu” bila diucapkan oleh orang Bali akan disambut salam yang sama oleh audien. Tapi ketika wanita Jepang di atas panggung memberi salam “Om Swastiastu”, malah aplaus meriah dan kagum yang diberi penonton. Demikianlah suasana di Jaba Pura Kayangan Desa Angantaka, Abiansemal, Badung, malam hari (2/1), ketika 6 orang mahasiswa asing ISI Denpasar asal Jepang usai menarikan Tari Margapati dengan indahnya, diwawancarai MC yang juga PD I Fakultas Seni Pertunjukan (FSP), I Dewa Ketut Wicaksana, SSP.,M.Hum.

Selain tari Margapati, ISI Denpasar juga  mementaskan tari Selat Segara, Wiranjana, Jauk Manis, Fragmentari Ciwa Wisaya, yang ditarikan oleh mahasiswa Jurusan Tari, diiringi mahasiswa Karawitan, dan orator dari jurusan Pedalangan. Rombongan disambut hangat oleh penduduk setempat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada ISI Denpasar yang telah berpartisipasi dalam acara pujawali di Pura Kahyangan Angantaka ini. Semoga kegiatan “ngayah” ini bisa dikembangkan terus ke desa-desa lainnya,”ujar klian dinas Br./Ds. Angantaka, I Wayan Buaka. Pementasan ISI Denpasar malam itu menuai decak kagum penduduk setempat. Sejumlah anak-anak yang mendekati ‘stage’ tertawa riang ketika menyaksikan tari jauk Manis yang demikian interaktif, serta Fragmentari Ciwa Wisaya yang atraktif.

Rektor ISI, Prof. Rai didampingi PR II dan IV, turut hadir dalam kegiatan “ngayah”tersebut. Hadir pula Dekan FSP, PD I, Kejur Tari, Kejur Karawitan, para dosen, mahasiswa, dan juga alumnus ISI Denpasar. “Kami sangat berterima kasih kepada panitia Pujawali dan juga seluruh masyarakat Angantaka, yang telah memberi kesempatan kepada ISI Denpasar untuk “ngayah”. Dengan kemampuan seni yang telah dikaruniakanNya inilah kami “ngayah”, serta berdoa bersama demi keselamatan kita bersama dalam mengisi tahun baru 2011, agar kita dituntun untuk selalu berada di jalanNya,”harap Prof. Rai.

Hal senada juga disampaikan PR IV bidang kerjasama,  I Wayan Suweca,S.Skar.,M.Mus. Pihaknya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut, dalam situasi liburan, masih tetap semangat melaksanakn Tri Darma, demi kemajuan ISI Denpasar.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.