Banyak PT Hanya Berburu Akreditasi

Banyak PT Hanya Berburu Akreditasi

Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI (bidang Pendidikan) dari Fraksi Partai Demokrat, Angelina Sondakh, di Jakarta, Selasa, menyayangkan banyak perguruan tinggi (PT) hanya gemar berburu akreditasi status lembaganya, tanpa memperbaiki kualitas pendidikannya.
"Makanya, isu akreditasi ini tidak kalah pentingnya dari problematika lain yang tengah digodok anggota Dewan dalam pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Tata Kelola Perguruan Tinggi (PT)," katanya.
Ia dkk menunjuk temuan mereka tentang banyaknya lembaga pendidikan tinggi yang kualitasnya rendah, dan hanya mengeja akreditasi, meskipun sumberdaya maupun kapasitasnya belum memenuhi standar Badan Penilai Akreditasi.
"Karena itu, saya mengusulkan kemungkinan perlunya ditambahkan pasal atau pengaturan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) atau Peraturan Menteri (Permen) yang menyebutkan tentang sistem yang membantu PT dengan akreditasi rendah," katanya.
"Dengan demikian, pimpinan lembaga PT itu tidak tersita sebagian besar urusannya hanya pada urusan mengejar akreditasi, tanpa memperhatikan perbaikan sarana prasarana, kualitas belajar mengajar serta kebutuhan pokok sebuah PT di bidang Pendidikan, Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian Masyarakat," katanya.
Angelina Sondakh juga berharap agar pembahasan RUU Tata Kelola Pendidikan Tinggi kali ini tetap bersandar pada koridor UUD 1945, dan ditekankan pada pendidikan tinggi untuk semua yang bersifat inklusif, tidak mendiskriminasi peserta didik atas dasar latar apa pun, bagi upaya peningkatan daya saing bangsa.

Sumber: antaranews.com

Comments are closed.