Bentuk Seni Lukis Prasi II

Bentuk Seni Lukis Prasi II

Oleh Drs. I Nyoman Wiwana, dosen PS Seni Rupa Murni

Seni Lukis Prasi Map of Bali (karya : Komang Joni Arta)

Seni lukis prasi karya Komang Joni Arta, mempunyai obyek yang lebih bebas lagi. Peta Pulau Bali yang di beri judul Map of Bali, benar-benar merupakan bentuk di luar seni pewayangan. Tetapi bila di lihat sepintas, peta gambar pulau Bali yang dibuatnya sepertinya bukan obyek yang baru, karena secara keseluruhan masih kelihatan Bali. Memang si seniman  pada  dasarnya membuat seni lukis yang mengesankan tradisi dengan memadukan obyek utama yakni Pulau Bali bersama ornamen khas Bali. Secara kesaluruhan terlihat kesenian Bali atau lukisan Bali.

Bentuk yang berbeda, tidak seperti seni lukis prasi  pada umumnya, membuat kesenian ini menjadi kelihatan berkembang mengikuti perubahan  zaman. Namun di sisi lain masih kelihatan tetap eksis, terbukti sangat digemari oleh tamu Mancanegara. Demikian, bila tanpa kita ketahui sebelumnya sudah tentu kita menganggap bukan bentuk baru. Lihat foto di bawah ini.

Bentuk peta pulau Bali yang ditampilkan kelihatan serasi dengan ornamen dan tulisan sebagai pendukungnya. Dan yang istemewa lagi ukuran dibuat 20 x 20 cm,  dapat dilipat karena pakai tali, sehingg sangat mudah dibawa. Peta pulau Bali disenangi oleh turis Mancanegara karena mempunyai fungsi ganda, yaitu disatu sisi berfungsi sebagai peta, dan disisi lain bisa digunakan sebagai hiasan. Para tamu biasa membeli lebih dari satu untuk dibawa pulang kenegaranya sebagai soupenir.

Seni Lukis Prasi Arjuna Wiwaha (karya : I Nyoman Kanta)

Karya seni luklisa prasi yang dibuat oleh I Nyoman Kanta, menampilkan cerita Arjuna Wiwaha. Arjuna Wiwaha merupakan cerita yang populer di dalam kehidupan berkesenian di Bali. Bentuk seni pewayangan yang ditampilkan merupakan bentuk yang sudah umum dalam tema lukisan tradisional Bali. Menjadi berbeda karena diterapkan di atas daun lontar.

Bentuk Seni Lukis Prasi II Selengkapnya

Comments are closed.