Bidik Misi Diusulkan Jadi Rp 6 Juta

Bidik Misi Diusulkan Jadi Rp 6 Juta

SEMARANG-Dirjen Dikti merencanakan meningkatkan besaran program Beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu tetapi berprestasi, dari
sebelumnya Rp 5 juta menjadi Rp 6 juta tiap semester pada 2011.
Direktur Ketenagaan Dirjen Dikti Prof Supriadi Rustad mengatakan, pihaknya sedang menghitung ulang besaran dan mengusulkan kepada pemerintah agar ditambah menjadi Rp 6 juta/mahasiswa/semester.
''Jumlah yang diterima saat ini belum cukup, terutama untuk biaya tuition fee kepada perguruan tinggi terlalu rendah. Mudah-mudahan usulan ini disetujui,'' kata Prof Supriadi, belum lama ini.
Dia menjelaskan, Dikti juga akan berupaya mencarikan sumber-sumber beasiswa lainnya, terutama untuk dosen dan tenaga kependidikan dari sejumlah departemen. Sumber-sumber ini akan diintegrasikan langsung dengan Dikti supaya benar-benar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.
''Masih banyak Beasiswa Bidik Misi yang belum terserap dan kami akan mendorong supaya universitas juga ikut aktif dalam penyaluran. Namun, tetap saja harus selektif,'' ujarnya.
Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, pihaknya siap mengalokasikan secara penuh berapa pun jumlah Beasiswa bidik misi yang akan diberikan Kemendiknas ke Unnes. ''Mau dikasih 400 beasiswa atau nanti ditambah jadi 500 kami siap. Sebab, kami tidak akan memikirkan untung-rugi,'' ujarnya.
Merata Pada tahun ajaran 2010/2011 ini, Unnes mendapat jatah Beasiswa Bidik Misi 400 mahasiswa dan itu telah dialokasikan secara merata ke seluruh fakultas. Sudijono mengatakan, sudah menjadi kewajiban universitas untuk mengantarkan peserta didik meraih cita-cita. Apalagi bagi mereka yang kurang mampu dan tidak mempunyai kesempatan melanjutkan kuliah.
Beasiswa Bidik Misi diharapkan juga disalurkan ke perguruan tinggi swasta (PTS). Ketua Aptisi Wilayah VI Jateng Prof Brodjo Sudjono pernah mengungkapkan, swasta perlu diperhatikan, jangan hanya universitas negeri. Sebab mahasiswa tidak mampu yang melanjutkan kuliah di PTS tidak sedikit.
''Mungkin perlu dikaji kembali, jika lebih baik uang beasiswa itu jangan langsung ke mahasiswa, tetapi ditujukan ke universitas supaya bisa dikelola. Terkadang mahasiswa menggunakannya untuk hal lain di luar keperluan kuliah, seperti membeli ponsel atau lainnya,'' imbuhnya. (J14,K3-37)

Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/12/126446/Bidik-Misi-Diusulkan-Jadi-Rp-6-Juta

Comments are closed.