Budaya Hidup Konsumtif Masyarakat Terhadap Produk Ponsel

Budaya Hidup Konsumtif Masyarakat Terhadap Produk Ponsel

Studi Kasus Desain Iklan di Media Cetak

Oleh : (I Made Pande Artadi, M.Sn. Jurusan Desain, FSRD, DIPA 2007)

Abstrak Penelitian

Stand ISI DenpasarMeskipun dalam beberapa tahun ini Indonesia mengalami resesi di bidang ekonomi dan kekacauan di bidang politik, namun bisnis ponsel tetap berkembang. Kondisi ekonomi yang semakin memburuk bukan menjadi permasalahan dan penghambat daya beli masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan teknologi ponsel.

Keberhasilan dari produsen ponsel dalam menjual produknya di Indonesia tidak terlepas dari peran iklan sebagai media komunikasi antara produsen dan konsumen dalam memperkenalkan produk. Iklan yang pada hakekatnya sebagai media komunikasi antara produsen dan konsumen dalam memperkenalkan produk, dijadikan sarana untuk mengirim makna yang tidak benar-benar dibutuhkan oleh konsumen, sehingga terjadi perubahan gaya periklanan dalam masyarakat konsumer.Iklan yang awalnya sebagai gambaran produk bergeser menjadi iklan yang menyampaikan penampilan produk dan penggunaannya dalam gaya hidup tertentu.

Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini mengupas berbagai iklan display ponsel pada media cetak KOMPAS. Penelitian ini ditempuh melalui pendekatan sosial Budaya` dalam ruang lingkup Gaya Hidup. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah metode deskriptif sedangkan metode analisa yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata –kata tertulis atau lisan dari berbagai obyek yang diawasi. Penilaiannya didasari oleh analisa kesesuaian antara teoritis ilmiah dengan pengamatan iklan-iklan di media cetak, sehingga terbentuk analisis studi konformitas yaitu menyesuaikan antara fakta yang ada dengan tolok ukur, yang diungkapkan secara deskriptif.

Comments are closed.