CIVITAS ISI DENPASAR SAMBUT BAIK STUDI EKSKURSI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

CIVITAS ISI DENPASAR SAMBUT BAIK STUDI EKSKURSI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

Sebanyak 66 mahasiswa, 1 dosen pembimbing Program Studi Disain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya, mengadakan studi ekskursi ke ISI Denpasar, tanggal 9 Februari 2009. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sekilas sejarah puri-puri di Bali, guna mengetahui keberadaan bangunan bersejarah di Bali, yang nantinya dapat digunakan untuk pembelajaran bagi mahasiswa.

Menurut salah satu dosen pembimbing Universitas Kristen Petra Surabaya, Poppy F., studi ekskursi berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 8 Februari 2009 hingga 13 Februari 2009. Adapun tempat kunjungan pertama yaitu di ISI Denpasar, guna memperoleh gambaran sekilas tetang sejarah puri-puri di Bali, selanjutnya mereka akan berkunjung ke puri Ubud- Gianyar. Keesokan harinya mereka berkesempatan mengunjungi hotel-hotel ternama yang ada di Bali, serta ke Popo Danes. Dipilihnya Bali sebagai daerah ekskursi mengingat daerah ini merupakan daerah yang representatif memiliki perkembangan desain yang baik sejak dulu. Poppy F. menambahkan kerjasama dengan ISI Denpasar telah lama terjalin, apalagi dua dosen ISI Denpasar juga sebagai dosen terbang di FSRD Universitas Kristen Petra, yaitu Drs. I Wayan Suwandi, M.Si. dan Drs. I Gusti Ngurah Ardana, M.Erg.

Dalam studi banding ke ISI Denpasar, para mahasiswa dari Universitas Kristen Petra-Surabaya mendapat penjelasan secara singkat tentang sejarah puri-puri di Bali oleh Pj. Pembantu Dekan I FSRD ISI Denpasar, I Gede Mugi Raharja. Dari penjelasan tersebut terungkap bahwa keberadaan puri atau keraton di Bali, tidak terlepas dari sejarah perkembangan sistem kemasyarakatan di Bali, dari masa pra Hindu sampai masa kemerdekaan Indonesia. I Gede Mugi Raharja juga menjelaskan beberapa keraton atau puri di zaman Bali Kuna, Bali pertengahan, masa kolonial hingga masa kemerdekaan.

Sementara Pj. Dekan FSDR ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, M.Si., menyambut baik kunjungan mahasiswa untuk melakukan studi ekskursi ke ISI Denpasar. Kegiatan ini sangat positif untuk menambah wawasan mahasiswa terutama dalam bidang desain, sehingga dari hasil tersebut akan muncul pemikiran baru yang kreatif.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.