Curahan Hati Komunitas Semut Sebelas FSRD ISI Rambah Ubud

Curahan Hati Komunitas Semut Sebelas FSRD ISI Rambah Ubud

Kiriman Arba Wirawan

ISI-Ubud Gianyar-Komunitas Semut Sebelas seniman akademis muda yang beranggotakan  11 orang mahasiswa Jurusan Lukis, FSRD ISI Denpasar anggkatan 2008, rambah Ubud pameran pada tanggal 11 November sampai dengan 14 November 2010 di Utak-Utik Gallery bertempat di Br. Nyuh Kuning, Mas-Ubud. Konsep pameran seniman muda ini mengusung karya Apresiasi Curahan Hati dimana karya-karya yang kami tampilkan merupakan apresiasi dengan tehknik dan gaya masing-masing tanpa terikat dengan tema yang ditentukan ataupun diharuskan. Dengan kata lain, berkarya dengan inspirasi masing-masing dan menentukan secara bebas menuangkan ekspresi ke media sehingga tidak membatasi kreatifitas  dan ide dalam berkarya.

Pameran dibuka oleh Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu,M.Si, pemilik gallery  Wayan Tesa, Klian Dinas Br. Nyuh Kuning, dan Ketua Jurusan Drs. I Wayan Kondra,M.Sn, “Saya bangga dengan kreativitas semut sebelas yang memulai pamerannya di kota seni Ubud yang merupakan poros seni rupa Indonesia”. Kata Rinu, dan kegiatan ini merupakan interaksi seniman muda dengan masyarakatnya.  Semangat semut gotong-royong, kebersamaan, dan selalu menjaga komunitasnya merupakan modal menembus medan seni rupa yang memiliki persaingan yang sangat sengit. Munculnya komunitas ini merupakan awal pencarian jati diri menuju pada keberhasilan. “Tidak anti pada kritik dan saran dari pecinta dan pengamat seni merupakan pikiran yang terbuka untuk peningkatan kualitas dalam berkarya”ungkap Kondra menyemangati mahasiswanya. Semoga dengan pameran ini dapat terukur hasil karya yang dihasilkan dan terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Sebelas semut sebagai semut muda seniman akademis yang meniru konsep semut untuk menunjukan gadingnya dalam kancah seni rupa Indonesia membawa pada keberhasilan-keberhasilan kelompok yang lebih dahulu yang sukses sebagai kelompok dan individu. Selain berpameran sebelas semut juga melaksanakan lomba mewarnai untuk anak-anak TK  Permata Hati Br. Nyuh Kuning, yang bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan kesenian pada anak-anak sejak usia dini khususnya dalam seni lukis dan juga memperkenalkan komunitas kami pada masyarakat serta sebagai sarana pambelajaran bagi kami didalam bermasyarakat.

Berikut anggota sebelas semut yang berpameran Agus Murdika, Adis S., Agung P, Kd Eko, Suwastika, Muliasa, J Diragandi, Agus Darmayasa, Agustina, Suwarita, dan Mardiana. Selamat berpameran dan sukses. (laporan arba wirawan).

Comments are closed.