DALAM RANGKA DIES NATALIS XII, FSRD ISI DENPASAR GELAR PAMERAN DAN LOMBA KARYA CIPTA SENI RUPA DAN DESAIN

DALAM RANGKA DIES NATALIS XII, FSRD ISI DENPASAR GELAR PAMERAN DAN LOMBA KARYA CIPTA SENI RUPA DAN DESAIN

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen Prodi Film dan Tv ISI Denpasar)

Dalam rangka Dies Natalis XII dan Wisuda Sarjana XV ISI Denpasar tahun 2015 ini digelar berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan pameran dan lomba yang diadakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar. Pameran dan lomba berlangsung tanggal 23 Juli 2015 di gedung Kriya Hasta ISI Denpasar. Menurut Koordinator Pameran, A.A. Gede Ngurah Tirtayasa, M.Si, pameran diikuti oleh seluruh program studi yang ada di lingkunag FSRD ISI Denpasar. Sebanyak 232 karya dipamerkan yang terdiri dari 42 karya seni lukis, 9 karya seni patung, 23 karya kriya, 37 karya DKV, 29 karya Desain interior, 3 karya mebel, 19 karya fotografi 16 karya busana, 7 karya desain fashion, serta dari Prodi Film dan Tv memamerkan 1 film, 6 reklame dan 40 buah CD karya audio visual.

Sementara Pelaksana Lomba Karya Cipta Seni Murni, Dra. Purnami Utami, M.Erg, serta Pelaksana Lomba Karya Cipta Kriya Seni, Drs. I Ketut Muka, M.Si menyampaikan bahwa lomba diikuti oleh 65 peserta dari dua program studi, yaitu Program Studi Kriya Seni sebanyak 20 orang dan Program Studi Seni Murni sebanyak 45 orang. Peserta lomba adalah seluruh mahasiswa dari Prodi Kriya Seni dan Seni Murni dari semua anggakatan.

PR I ISI Denapsar Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, M.Kes,  yang membuka acara didampingi Dekan FSRD Dra Ni Made Rinu, M.Si dalam sambutannya menegaskan pameran ini merupakan kesempatan emas bagi seluruh mahasiswa melakukan evaluasi terhadap karya-karya yang diciptakan, sehingga  pameran ini benar-benar sebagai arena dialog antara pencipta seni dengan kalangan masyarakat luas. Karya-karya yang dipamerkan merupakan hasil eksplorasi budaya terkini dari mahasiswa.

Sementara Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum yang meluangkan waktu ditengah kesibukan untuk mengunjungi pameran didampingi para pejabat struktural ISI Denpasar menyambut gembira dan bangga atas terselenggaranya pameran dan lomba ini. Dr. Arya menyatakan bahwa pameran ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan, bahwa para mahasiswa FSRD berkewjiban membangun suasana berkesenian yang kreatif dan kondusif, maka dari itu untuk memperdayakan tindakan kreatif dilingkungan akademik terutama lembaga pendidikan seni, perlu adanya media pameran dalam memotivasi peningkatan keahlian, ketrampilan berpikir imajinatif, jiwa bertualang dalam masyarakat akademik yang kreatif.

Comments are closed.