Dana Transportasi Penerima Bidik Misi Disediakan

Dana Transportasi Penerima Bidik Misi Disediakan

Jakarta --- Penerima beasiswa Bidik Misi 2012 tidak perlu lagi khawatir tentang biaya perjalanan dari kampung halaman ke kampus tujuan, yang berada di luar kabupaten. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan dana khusus bagi mereka. Dana tersebut akan diberikan bersamaan dengan pemberian biaya kuliah dan biaya hidup, setibanya mereka di kampus tujuan.

"Yang penting bukti transportasi mereka dari rumah ke kampusnya lengkap," kata Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Triyogi Yuwono ketika bertemu media di Gedung Dikti Kemdikbud, Rabu (9/05) malam. Biaya transportasi ini untuk mengakomodasi para calon mahasiswa yang telah lulus seleksi Bidik Misi, namun tidak bisa berangkat ke kampus tujuan yang berada di luar kota karena tidak ada biaya.

Tahun ini, disediakan kuota 30 ribu orang penerima Bidik Misi untuk seluruh perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kemdikbud. Kuota tersebut disebar di seluruh perguruan tinggi negeri, dengan ketentuan 20 persen dari jumlah mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi tersebut. Jika sebuah PTN tidak bisa memenuhi kuota yang diberikan, maka sisa kuotanya akan dialihkan ke perguruan tinggi negeri lainnya.

Pendaftar Bidik Misi tahun ini tidak perlu lagi membeli formulir jika tidak lolos di seleksi jalur undangan dan ingin mencoba jalur ujian tulis. Dengan PIN yang didapat saat mendaftar pertama kali, dia bisa ikut ujian tulis hingga ujian mandiri. Namun jika saat dinyatakan lulus di ujian tersebut, yang bersangkutan ingin pindah jurusan, maka kelulusannya dibatalkan. "Jadi kalau mau mendaftar, tidak usah ragu-ragu lagi. Daftar sesuai keinginan," kata Triyogi.

Sumber: Kemdikbud.go.id

Comments are closed.