Tahun 2010, ISI Denpasar Berpeluang Mengirim Mahasiswa dan Dosen ke Kanda University-Jepang

Tahun 2010, ISI Denpasar Berpeluang Mengirim Mahasiswa dan Dosen ke Kanda University-Jepang

DSC_3876Denpasar- Sebanyak 27 orang rombongan ISI Denpasar yang terdiri dari dosen, pegawai dan mahasiswa ditambah 3 orang dari Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi (DIKTI) Depdiknas akan bertolak ke Jepang  pada dari tanggal 11-17 Nopember 2009. Keberangkatan ini dalam rangkan mewujudkan visi akademis DIKTI yaitu internasionalisasi Perguruan Tinggi Seni Indonesia.  Dipilihnya Jepang karena ISI Denpasar telah mempunyai MOU dengan universitas di Jepang seperti kanda University di prefektur Chiba, Tokyo National University of Art dll. Adapun kegiatan rombongan ISI Denpasar utamanya adalah untuk mengunjungi Kanda University dan ini merupakan kunjungan balasan dari kunjungan Kanda University sebelumnya.

Kunjungan diawali ke Kanda University of International Studies (11 November 2009). Rombongan disambut oleh Direktur Internasional Studies, Prof. Sugimoto dan dosen dari Kanda University of International Studies, Prof. Minagawa. Dalam kunjungannya rombongan diperkenalkan berbagai sarana dan prasarana kampus serta proses pembelajaran yang bertaraf internasional. Menurut Prof. Minagawa, mahasiswa Kanda University berasal dari berbagai Negara di dunia.

pelarasan gamelan (2)Setelah peninjauan kampus, acara dilanjutkan dengan kegiatan pelarasan gamelan milik Kanda University yang akan digunakan oleh rombongan ISI Denpasar dalam pementasan di Kanda University. Prof. Minagawa mengungkapkan bahwa gamelan milik Kanda University ini merupakan salah satu dari kurang lebih 40 set gamelan Bali yang ada di Jepang. Namun belum ada tenaga ahli untuk pelarasan gamelan Bali, sehingga ini tentunya membuka peluang besar bagi tamatan ISI Denpasar melebarkan sayap ke Jepang, apalagi selama menempuh pendidikan di ISI Denpasar, mahasiswa Jurusan Karawitan mendapat mata kuliah pelarasan gamelan Bali.

Selain misi akademis, rombongan ISI Denpasar juga melakukan pementasan berbagai tari dan tabuh (13 November 2009), guna menghibur civitas dari Kanda University termasuk para seniman Jepang. Pementasan yang diadakan di teater Kanda University berjalan dengan sukses dan mendapat apresiasi yang bagus dari penonton.

Pada tanggal 14 November 2009, diadakan pertemuan antara Rektor ISI Denpasar dengan Rektor Kanda University of International Studies.  Dalam pertemuan disepakati bahwa program yang telah disepakati dalam MOU lebih diperkuat lagi dan diimplementasikan lebih intens. Diharapkan tahun 2010 ISI Denpasar sudah dapat mengirimkan mahasiswa maupun dosen dalam rangka exchange program. Demikian pula Kanda University akan melanjutkan pengiriman mahasiswa atau dosennya ke ISI Denpasar, mengingat Kanda University sudah sejak beberapa tahun lalu.

Salah satu peserta lomba pidato bahasa Indonesia

Salah satu peserta lomba pidato bahasa Indonesia

Yang lebih menarik lagi, dalam kunjungan rombongan ISI Denpasar ke Kanda University, pihak kampus senagja menggelar kegiatan lomba berpidato bahasa Indonesia, dengan tema “Masa Depan, Hubungan Antara Jepang dan Indonesia”. Para peserta berasal dari Kanda University, Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Asia dan Universitas Waseda. Para peserta berjumlah 14 orang. Dalam lomba pidato ini, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo bertindak sebagai pendukung dan sponsor. Pemenang dari lomba pidato bahasa Indonesia adalah Ishikawa dan Risa. Mereka diberikan hadiah utama berupa tiket Tokyo-Denpasar PP oleh pihak KBRI.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.