Dari Pembekalan KKN Mahasiswa ISI Denpasar Tahun 2016: ISI Denpasar Akan KKN di Nusa Penida Klungkung

Dari Pembekalan KKN Mahasiswa ISI Denpasar Tahun 2016: ISI Denpasar Akan KKN di Nusa Penida Klungkung

Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA ([email protected])

Kamis,  26 Mei 2016 digelar pembukaan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa ISI Denpasar tahun akademik 2015/2016 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan  (LP2MPP) bertempat di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar. Pembukaan dihadiri oleh Rektor ISI Denpasar, para Wakil Rektor, Dekan FSP dan FSRD beserta jajarannya, para pejabat struktural ISI Denpasar, dan para dosen pembimbing, serta seluruh mahasiswa peserta KKN ISI Denpasar.

Acara diawali dengan laporan dari Kepala Panitia Pelaksana KKN ISI Denpasar Ida Ayu Trisnawati, S.ST., M.Si yang menyampaikan bahwa KKN merupakan salah satu bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat yang menjadi unsur dalam tri darma perguruan tinggi, sehingga dikategorikan sebagai kegiatan yang bersifat intrakulikuler. KKN merupakan ketentuan wajib bagi mahasiswa dengan bobot 3 sks. Dan Tema KKN ISI Denpasar tahun 2016 adalah “Melalui KKN ISI Denpasar Tahun 2016 Kita Wujudkan Masyarakat Berkarakter, Santun, dan Inovatif Melalui Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal”. KKN tahun akademik 2015/2016 dilaksanakan di Kabupaten Klungkung di Kecamatan Nusa Penida yang tersebar di 16 desa yaitu Desa Batu Kandik, Batu Madeg, Batu Nunggul, Bunga Mekar, Jungut Batu, Kampung Toya Pakeh, Klumpu, Kutampi, Kutampi Kaler, Lembongan, Ped, Pejukutan, Sakti, Sekartaji, Suana dan Desa Tanglad.

Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa mahasiswa di desa nantinya agar tidak menjadi beban di masyarakat, melainkan dapat memberikan bantuan serta memecahkan masalah di desa, khsusnya bidang seni. Rektor juga memberikan petuah untuk menerapkan 4 C yaitu creativity, critical thinking, communication, dan collaboration. Creativity adalah kreativitas yang harus dilahirkan dari mahasiswa untuk dapat segera mencari solusi, critical thinking yaitu mahasiswa ISI Denpasar harus memiliki pemikiran kritis yang positif dalam membangun desa, communication adalah point dimana mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik di desa serta collaboration adalah hal dimana mahasiswa wajib menjalin kerjasama dengan semua pihak untuk dapat menyelesaikan masalah.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN pada periode ini meningkat dari tahun sebelumnya karena 2 prodi yaitu Musik dan Film TV pada tahun ajaran ini mulai mengikuti kegiatan KKN. Jumlah peserta adalah 334 dari FSRD sebanyak 215 dan dari FSP sebanyak 119. Dengan mengikuti KKN selama satu bulan maka diharapkan mencapai tujuan secara umum dari KKN yaitu: Memberikan pengalaman belajar langsung ke masyarakat untuk menemukan, merumuskan, menganalisa dan menanggulangi masalah pembangunan desa secara teknis serta pragmatis maupun interdisipliner; Menyumbangkan pemikiran atas dasar keilmuan, teknologi dan seni agar tumbuh kader-kader pemberdayaan pembangunan di desa; Mengupayakan peningkatan hubungan anatara PT dengan instansi terkait di Pemda dan masyarakat.

Untuk itu sebelum mahasiswa dapat merealisasikan tema tersebut maka mahasiswa akan diberikan pembekalan yang digelar selama 3 hari dari tanggal 26 hingga 28 Mei 2016. Pembekalan KKN mahasiswa ISI Denpasar akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari. Hari pertama tanggal 26 Mei 2016 diawali materi Pembangunan Desa oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kabupaten Klungkung, materi kedua tentang Menggali Potensi Seni dan Budaya Lokal oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klungkung. Hari kedua tanggal 27 Mei 2016 pembekalan materi tentang Perkembangan KKN oleh Dr. Drs. I Gst Ngr Ardana, M.Erg (Ketua LP2M ISI Denpasar) serta Etika Pergaulan di Desa diberikan oleh Dr. Dra. Ni Luh Sustyawati, M.Pd. Usai pembekalan ini tanggal 28 Mei 2016 mahasiswa akan mengikuti ujian tertulis sebagai nilai KKN yang memiliki kontribusi 15%.

No Comments Yet.

Leave a comment