Dari Seminar Program I-MHERE ISI Denpasar

Dari Seminar Program I-MHERE ISI Denpasar

Tumbuhkembangkan Pikiran Kritis Terhadap Temuan Hasil Penelitian

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas hibah penelitian pada program I-MHERE ISI Denpasar, para pemenang hibah penelitian pada program I-MHERE Sub. Component B.I Batch III ISI Denpasar tahun anggaran 2008/2009 menyelenggarakan seminar hasil penelitian. Selain itu seminar ini sebagai salah satu bentuk akuntabilitas publik. Lewat seminar yang dilaksanakan secara terbuka, akan dapat ditumbuhkembangkan pikiran-pikiran kritis ilmiah terhadap temuan hasil penelitian yang memang sudah seharusnya untuk selalu diwacanakan dan didiskusikan. Hasilnya diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Seminar yang diselenggarakan oleh panitia khusus dari LPIU-I-MHERE berlangsung pada hari Rabu s/d Jum’at tanggal 5-7 Mei 2010. Ketua pelaksana, atas nama Direktur Eksekutif, Sekretaris Akademis, I Made Berata, S.Sn., M.Sn. mengungkapkan, seminar akan diikuti oleh para dosen dan mahasiswa Jurusan Karawitan dan Prodi Kriya Seni ISI Denpasar. Seminar yang seharusnya diikuti oleh 14 pemenang hibah penelitian, pada kesempatan ini diikuti oleh 12 pemenang Hibah karena dua judul penelitian sudah dipresentasikan di Surabaya atas undangan dari Direktur I-MHERE Pusat Jakarta. Dari keduabelas judul penelitian tersebut adalah Drs. I Ketut Muka, M.Si dengan penelitian ’Penelitian macam dan jenis kerajinan di kabupaten Gianyar’, Drs. I Made Suparta, M.Hum dengan penelitian ’Penelitian macam dan jenis kerajinan di kabupaten Karangasem’, I Made Berata, S.Sn., M.Sn dengan penelitian ’Penelitian macam dan jenis kerajinan di kabupaten Klungkung’, I Nyoman Suardina, S.Sn., M.Sn dengan penelitian ’Penelitian macam dan jenis kerajinan di kabupaten Buleleng’, Ni Ketut Suryatini, SSKar., M.Sn judul penelitian ’Gender Wayang Style Kayu Mas Denpasar: Analisis Struktur  Musikal’, I Nyoman Sudiana, SSKar., M.Si judul penelitian ’Analisis Saih Gambang Desa Tambak Buyuh Mungu Kabupaten Badung’, I Wayan Suharta, SSKar., M.Si dengan penelitian ’Sekularisasi Gamelan Selonding: Analisis Repertoar dan Konsep  Musikal’, Kadek Suartaya, SSKar., M.Si dengan judul penelitian ’Cak: Perintis Seni Pertunjukan Wisata Bali: Analisis Konsep Musikal’, Pande Gede Mustika, SSKar., M.Si dengan judul penelitian ’Gamelan Gong Gede di Pura Ponjok Batu, Singaraja: Kajian Nilai-Nilai Ritual’, I Made Kartawan, S.Sn., M.Si judul penelitian ’Reformulasi Sitem Patutan Pada Gamelan Semar Pegulingan Saih Pitu’, I Ketut Gawa, S.Sn., M.Sn dengan judul penelitian ’Gending-Gending Iringan Tari Legong (Sebuah Dokumentasi dalam Bentuk Studi Komparatif)’, serta I Gede Yudarta, SSKar., M.Si dengan judul penelitian ’Gamelan Gambang dalam Ritual Keagamaan Umat Hindu Di Kota Denpasar’. I Made Berata menambahkan dari 14 judul penelitian, dapat dijabarkan bahwa terdapat 9 judul berkaitan dengan Karawaitan dan 5 judul berkaitan dengan kriya seni.

Sementera Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. saat membuka seminar mengungkapkan rasa bangga atas kerjakeras semua pihak sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini sangat baik untuk memotivasi baik dosen ataupun mahasiswa yang lain untuk menjalankan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam hal ini penelitian. Dengan keseimbangan ini maka atmosfir akademis di ISI Denpasar akan semakin hidup. Dengan menularkan kegiatan yang positif tentunya mampu mengangkat citra positif ISI Denpasar dari kaca mata publik. Ini tentunya akan mendukung program pemerintah yaitu pembentukan karakter bangsa.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.