Dari Visitasi AIPT ISI Denpasar: Tim Asesor Disambut Tari, Tabuh, Musik, Pameran dan fashion show

Dari Visitasi AIPT ISI Denpasar: Tim Asesor Disambut Tari, Tabuh, Musik, Pameran dan fashion show

Pada tanggal 8 Mei 2015 menjadi sejarah bagi ISI Denpasar karena ISI Denpasar yang telah bergeraksebagai perguruan tinggi seni satu-satunya di Bali telah divisitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Visitasi ini merupakan salah satu bagian proses akreditasi yang telah diajukan oleh ISI Denpasar kepada BAN PT. Empat asesor BAN PT yang berkunjung ke ISI Denpasar adalah:

1. Prof. Dr. Muhammad Nasikin, M.Eng. (UI)

2. Prof. Dr. Ir. H. Sudirman, M.Pi (UNHAS)

3. Prof. Dr. Ir. Moch. Mukhlish Mustajab, M.Sc. (UB)

4. Prof. H. Hery Purnabasuki, M.Si.,Ph.D. (UNAIR)

Tim asesor yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muhammad Nasikin, M.Eng disambut sangat meriah oleh ISI Denpasar. Rangkaian acara visitasi diawali dengan tari penyambutan Stuti Puja persembahan para mahasiswa Jurusan Tari ISI Denpasar yang juga diiringi oleh mahasiswa Jurusan Karawitan ISI Denpasar. Setelah itu menyanyikan hymne dan mars ISI Denpasar oleh para mahasiswa Jurusan Musik, setelah itu Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum memberikan sambutan selamat datang kepada tim asesor yang juga memberikan informasi sekilas tentang keberadaan ISI Denpasar. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Asesor BAN PT Prof. Dr. Muhammad Nasikin, M.Eng. Dalam sambutan singkatnya Prof. Nasikin merasa senang karena penyambutan yang luar biasa dari ISI Denpasar. “Saya belum pernah disambut semeriah ini” ungkap Prof. Nasikin.

Selanjutnya rombongan diantar ke ruang pameran untuk melihat hasil karya dari masiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, baik berupa lukisan, kramik, foto, desain interior, dkv, hingga screening berita hasil liputan mahasiswa Jurusan Film dan Tv ISI Denpasar.

Dilanjutkan dengan acara inti yaitu pertemuan dengan pimpinan, dekan tim penyusun atau tim task force AIPT ISI Denpasar, perwakilan dosen, perwakilan mahasiswa, alumni dan stakeholder eksternal. Dalam presentasinya, Rektor ISI Denpasar menyampaikan berbagai perkembangan dan prestasi yang telah diperoleh ISI Denpasar selama ini, dilengkapi juga dengan pemutaran video profil ISI Denpasar. Pada kesempatan diskusi tersebut, beberapa aspek menjadi perhatian oleh asesor BAN PT. Yang pertama adalah pentingnya sinkronisasi seluruh data dari seluruh unit kerja ISI Denpasar menggunakan sistem yang terintegrasi. Data yang sinkron menjadi dasar setiap pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap hirarki organisasi ISI Denpasaar. Yang kedua adalah pentingnya percepatan dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen ISI Denpasar untuk mendukung visi ISI Denpasar Sebagai pusat unggulan seni dan budaya.Yang ketiga adalah perlunya peningkatan produktivitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Agenda visitasi asesor BAN PT selanjutnya adalah peninjauan sarana dan prasarana ISI Denpasar, yang meliputi fasilitas laboratorium dan perpustakaan. Sebelum diakhiri dengan pembahasan dan penandatanganan Berita Acara Visitasi dan Laporan ke BAN-PT oleh asesor BAN PT dan pimpinan ISI Denpasar, tim asesor kembali disuguhkan dengan hasil karya civitas akademika ISI Denpasar lewat musik dan fashion show.

Comments are closed.